JS Financial News - шаблон joomla Новости
Senin, 21 Mei 2018

Air Kali Mendadak Asin, Petani Muaragembong Terancam Gagal Panen

BEKASI, KABARSEBELAS.COM -- Ribuan hektare sawah di dua Kecamatan, Kecamatan Cabangbungin dan Muaragembong terancam gagal panen, karena kali Ciherang yang biasa digunkan petani untuk mengairi lahan persawahaan nya tercampur air asin dari laut.

Karena hal tersebut beberapa petani mendatangi anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Soleh Kasum Sekdes Pantai Harapan Jaya mengaku,  sudah sebulan ini petani di Desa Pantai Harapan Jaya mengeluhkan air untuk lahan peswahannya yang sekarang tercemar air asin dari laut.

"Petani di desa kami sekarang sedang mengeluhkan Kali Ciherang berubah mejadi air asin. Dimana tanaman padi pada mati, kami minta agar Pemda dan Dewan melakukan tindakan atas hal tersebut," kata dia.

Selama satu bulan ini, air kali Ciherang di Desa Pantai Harapan Jaya tercemar air asin dari laut.  Dimana tanaman padi saat ini sedang membutuhkan banyak pasokan air untuk mengairi lahan pertanian.

"Umur tanaman padi sekarang sudah hampir satu bulan dan lagi benar-benarnya membutuhkan pasokan air yang banyak agar tidak mati, dengan berubahnya air kali ciherang menjadi asin membuat petani kesulitan mendapatkan air agar tanaman bisa terap hidup, " kata dia.

Menaggapi hal tersebut,  Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi Taih Minarno mengaku akan meminta ke Pemda untuk membangun bendungan diujung kali ciherang.

"Nanti akan kita ajukan pembangunan bendungan. fungsinya agar air dari laut ketika musim kemarau tidak tercampur dengan air kali Ciherang, memang keluhan ini sering terjadi ketika musim kemarau terjadi," kata dia. (dd)

Statistik Pengunjung

6717946
Hari ini
Minggu ini
Semuanya
4953
10958
6717946
IP Anda: 54.80.189.255

Facebook