JS Financial News - шаблон joomla Новости
Selasa, 24 Juli 2018

KABARSEBELAS.COM - Gangguan tersebut terkadang membuat sebagian wanita absen bekerja ataupun bersekolah. Saat mengisi waktu luang tersebut, beberapa wanita mungkin akan mengisi hari dengan bermalas-malasan untuk mengurangi rasa sakit tersebut. Namun ternyata hal tersebut merupakan hal yang kurang tepat dilakukan.

 

Saat mengalami menstruasi, wanita akan mengalami perubahan mood, nyeri perut bahkan hingga lemas. DIlansir dari situs Alodokter, olahraga merupakan kegiatan yang dapat membantu mengurangi rasa sakit saat haid.

 

Olahraga diprediksi mampu meredakan sakit yang sering diakibatkan oleh haid karena mampu membantu merilis hormon beta-endorfin. Hormon ini sering dikenal sebagai morfin alami manusia. Salah satu gangguan yang paling sering terjadi pada wanita yang sedang menstruasi dan bisa diredakan oleh endorfin adalah kram. Endorfin menghasilkan efek pereda sakit atau analgesia. Selain itu, endorfin dapat membantu mempercepat memusnahkan prostaglandin yang menyebabkan kontraksi otot pada wanita haid.

 

Selain meredakan sakit yang biasa menyertai haid, olahraga saat menstruasi, seperti yoga, memiliki manfaat melepaskan stres dan memicu relaksasi. Peran penting lain dari olahraga adalah memperlancar aliran darah ke seluruh organ tubuh. Untuk yoga sendiri, dianjurkan untuk melakukan pose restoratif, yaitu pose yang menimbulkan ketenangan.

 

Beberapa bentuk olahraga saat menstruasi yang direkomendasikan selain yoga adalah senam aerobik. Selain meningkatkan kekuatan jantung, latihan aerobik juga bermanfaat bagi kesehatan secara umum dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengoptimalkan oksigen.

 

Olahraga aerobik yang dapat dilakukan antara lain berenang, jalan cepat, dan bersepeda.

 

Berenang dianggap baik sebagai pereda sakit saat menstruasi karena air berfungsi sebagai pemijat perut saat melakukan gerakan di dalam air. Selain itu, air juga dapat melemaskan sendi-sendi yang kaku, termasuk pada sendi-sendi di punggung belakang.(Red)

Statistik Pengunjung

7219106
Hari ini
Minggu ini
Semuanya
610
14983
7219106
IP Anda: 23.20.25.122

Facebook