JS Financial News - шаблон joomla Новости
Selasa, 19 Maret 2019

 

KARAWANG, KABARSEBELAS.COM - Dugaan buruknya kinerja Kepala Puskesmas Batu Jaya ternyata dibuktikan dengan sampah medis yang berserakan di tempat sampah rumah tangga dekat ruang rawat inap. Padahal secara aturan, limbah medis seharusnya disimpan di tempat khusus dengan suhu 0 °C (derajat celvius).
 
Sudah berulang kali limbah medis di Puskesmas Batu Jaya, Kabupaten Karawang, ini selalu menempatkan limbah medis yang tergolong limbah infeksius ini selalu dibuang sembarangan dan bukan pada tempatnya.
 
Hal ini dibuktikan dengan adanya botol infusan dan limbah medis lainnya yang disatukan dengan limbah rumah tangga atau limbah domestik di bak sampah dekat ruang rawat inap Puskesmas Batujaya.
 
Peraturan Menteri LHK No. 56 Tahun 2015 Tentang Tata Cara dan Persyaratan Teknis Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Fasilitas Kesehatan, ternyata tidak diindahkan. Padahal , peraturan tersebut haruslah dilaksakan seperti menempatkan limbah medis di ruang tertutup dengan suhu 0 °C.
 
Sangat disayangkan saat dikonfirmasi, Kepala Puskesmas sedang tidak ada di tempat. "Kepala Puskesmasnya sedang tidak ada pak, lain kali saja ke sini lagi," kata seseorang petugas yang jaga di depan pintu masuk Puskesmas Batu Jaya.
 
Hingga berita ini diturunkan, pihak puskesmas belum memberikan kejelasannya soal limbah medis infeksius yang disatukan dengan limbah domestik yang akan berdampak pada kesehatan masyatakat bila limbah tersebut dibiarkan dan berkelanjutan. (dmn)

Statistik Pengunjung

8595978
Hari ini
Minggu ini
Semuanya
2638
15919
8595978
IP Anda: 54.90.204.233