JS Financial News - шаблон joomla Новости
Rabu, 17 Januari 2018

CIREBON, Kabarsebelas.com – Tak bisa banyak yang bisa diperbuat bagi lima keluarga di RT 03/02 Dusun Kompa Desa Cilengkrang Girang, Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon. Kelima rumah warga ini bisa terancam longsor lantaran terus menerus tergerus oleh aliran sungai Cisanggarung. Hal tersebut mendorong anggota LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Korwil Cirebon timur dibantu warga belum lama ini melakukan bhakti sosial membuat tanggul darurat.

 


Menurut Ketua RT. O3 Dusun Kompa Desa Cilengkranggirang Talim memaparkan, ada lima rumah milik warga yang berada di bantaran sungai Cisanggarung yang selalau was-was akan ancaman longsor yang diakibatkan serangan arus sungai diantaranya rumah milik Darno, Welo, Datinah, Nana, dan Mardi, bahkan salah satu rumah milik Wadi sudah tergerus longsor pada tahun 2015 lalu sehingga terpaksa harus mengungsi pindah lokasi membuat rumah baru, sementara saat ini ada salah satu rumah warga milik Darno yang sudah hanya tersisa 50 cm dari tepi sungai.

 


“Kalau ada hujan besar dan banjir sudah dipastikan rumah milik Darno akan tergerus habis terbawa longsor,” paparnya.

 


Dijelaskannya, harapan warga yang tentunya bukan saja empat warga yang terancam rumahnya tetapi seluruh warga di Blok Kompa berharap adanya penanganan dari instansi terkait untuk melakukan penanggulan. Hal senada juga disampaikan ketua RW. 02 Caryan yang mengatakan bahwa kondisi sungai Cisanggarung di Blok Kompa kebetulan berbentuk tikungan tajam sehingga tanah yang berada di Blok Kompa sangat mudah tergerus. Menurutnya selama sekitar 10 tahun tanah Desa Cilengkranggirang tergerus sungai sekita 6 hektar, dijelaskannya selama itu pula sudah puluhan rumah yang tergerus dan pemiliknya terpaksa harus pindah rumah ke lokasi yang lebih aman, menurutnya ada sekitar 15 rumah warga di RW nya yang sudah tergerus dan sudah tidak berbekas lagi, harapan warga sejak lama untuk dibuatkan tanggul tetapi belum juga apernah dilakukan oleh instansi terkait.

 


Ditambahkannya, selaku ketua RW atas nama warga dan pemerintah Desa Cilengkranggirang menyampaikan terima kasih kepada anggota LSM GMBI yang melaksanakan bhakti social. Sementara itu ketua Korwil Cirebon Timur GMBI yang juga ketua KSM Babakan, Irman Haryanto mengatakan, pihaknya merasa terpanggil ketika ada keluhan warga dari Blok Kompa Desa Cilengkranggirang yang rumahnya terancam tergerus longsor, sementara pihak terkait dalam hal ini BBWSCC belum bisa dipastikan kapan akan melakukan penanganan, sedangkan ancaman tergerus sudah didepan mata. (din)

 

Statistik Pengunjung

5830611
Hari ini
Minggu ini
Semuanya
8799
29283
5830611
IP Anda: 54.91.48.104

Facebook