JS Financial News - шаблон joomla Новости
Rabu, 17 Januari 2018

Antisipasi Banjir, BPBD Kabupaten Bekasi Susun RPB

BEKASI, KABARSEBELAS.COM -- Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi meminta kepada semua pihak untuk bekerjasama dalam penanggulangan bencana, hal itu dilatabelakangi terbatasnya orang yang berada di BPBD.

“Sekarang itu kita ingin merubah mindset yang terbentuk di masyarakat, kalau dulu kami dalam melaksanakan tugas itu sifatnya represif, begitu kejadian kita turun, sekarang kita ingin lebih mengarah preventif, karena memang bencana itu tidak bisa di prediksi, kapan saja bisa terjadi yang harus diminimalisir korban jiwa, tidak hanya kami tetapi bencana itu jadi tanggungjawab bersama, antara pemerintah, dunia usaha dan masyarakat,” kata Kepala BPBD Kabupaten Bekasi, Aspuri Jumat (06/10).

Ia memisalkan, terdapat beberapa kecamatan yang rawan mengalami kebanjiran dan penyebab utamanya tanggul jebol, maka pihaknya meminta peran aktif Kepala Desa untuk memperbaiki dan BPBD mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menahan tanggul tersebut.

“Komunikasi yang sedang kami bangun dengan teman-teman Kepala Desa dan Kecamatan. Kita sedang menyusun Rencana Penanggulangan Bencana (RPB), kita sudah susun di anggaran perubahan di 2016 lalu, sekarang kita sedang melakukan review di BNPB nya, RPB ini sudah kita sosialisasikan ke semua SKPD, bahkan penyusunnya sudah kita komunikasikan ke SKPD, kita sosialisasikan bahwa penanggulangan bencena jadi tanggungjawab bersama,” jelasnya.

Dalam penerapannya, Aspuri mendorong agar RPB ini masuk kedalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bekasi. “RPB harus masuk ke RPJMD, ini sudah kita susun, dari sisi penganggarannya bekerjasama dengan SKPD lain, nanti bekerjasama dengan para SKPD yang nanti akan bermuara ke desa dalam penerapan penanggulangan bencana,” tandasnya. (dd)

 

Statistik Pengunjung

5830592
Hari ini
Minggu ini
Semuanya
8780
29264
5830592
IP Anda: 54.91.48.104

Facebook