JS Financial News - шаблон joomla Новости
Minggu, 23 September 2018

 

BEKASI-KABARSEBELAS.COM. Danau serapan air buatan yang berada diantara wilayah RW 11 dan RW 12 Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Pasalnya, dinding tiang pembatas dua wilayah yang selama ini menjadi penahan tanggul danau telah ambrol akibat abrasi. Hal ini sangat  di khawatirkan warga sekitar kata Suyatno, Ketua RW 011 saat ditemui Kabarsebelas.com Senin, (01/01/18)

 

Menurutnya, jika dibiarkan seperti ini sewaktu-waktu tanah pengaman danau  itu akan longsor, jika longsor bisa terjadi banjir bandang  yang berdampak pada permukimanan penduduk sekitar.

 

Soalnya jika tanah pengaman danau itu longsor, disaat intensitas hujan yang cukup tinggi itu akan meluap ke permukiman penduduk, dan pasti akan terendam rumah-rumah warga disini."Jelasnya.   

 

Masi keterangan Suyatno. "Dibagian pinggir danau itu belum ada tiang pancang penahan tanah  yang ada hanya pagar tembok pembatas wilayah dua RW tersebut, dan sekarang sudah nyaris ambrrol, jika tidak ada tindakan segera, ya siap2 aja kita kerendem, "Katanya".

 

Seorang staff Kelurahan Kebalen, (Paryono), mengatakan bahwa dirinya sering  kalih di datangi warga dari dua rw tersebut, mereka (warga.red) meminta agar danau itu segera dipasangkan tiang pancang penahan tanah, warga khawatir tanah pengaman danau itu akan abrasi, karena memang sampai sekarang keberadaan danau itu belum ada tiang pancang penahan tanah." Kata Paryono.

 

"Untuk itu kita berharap perhatian dari pihak pemangku kebijakan, dalam hal ini pada Distarkim, PUPR Kabupaten Bekasi mau pun Provinsi Jawa Barat. Kami berharap agar danau ini diberikan segera tiang pancang penahan tanah dan air dengan panjang sekitar 600 meter dan kedalaman sekitar 12 meter. Karena kami khawatir terjadi longsor dan takut akan kebanjiran." Terangnya".

 

Terkait aspirasi masyarakat, ini sudah kami sampaikan melalui Musrembang Kelurahan maupun Kecamatan, bahkan sudah kita sampaikan usulan warga ini melalui proposal yang disampaikan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi juga ke Provinsi Jawa Barat kata pihak Kelurahan Kebalen, namun hingga saat ini belum direlisasi.

 

Hal itu dibenarkan Lurah Kebalen, Ganda. Dengan demikian, tambah Ganda, pihaknya akan berkoordinasi dengan Camat untuk tanah pengaman danau yang rawan longsor, Kami minta pada rt rw untuk melaporkan secara intensif ke kelurahan dan nanti kami akan terus berkoordinasi dengan Camat,"Tegasnya. (Sbh) 

Statistik Pengunjung

7467334
Hari ini
Minggu ini
Semuanya
4389
4389
7467334
IP Anda: 54.225.59.14

Facebook