JS Financial News - шаблон joomla Новости
Selasa, 22 Mei 2018

KABARSEBELAS.COM- Sekelompok pemuda di sebuah desa terpencil di Kabupaten Jember berhasil berkreasi membuat kerajinan bambu ukir lampu hias. Meski tergolong baru, kerajinan tangan beraneka motif tersebut sangat diminati karena bentuknya yang cukup unik.

Di halaman rumah di Dusun Gumuk Limo Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji, sekelompok pemuda berkreasi membuat kerajinan tangan bambu ukir lampu hias bernilai ekonomis tinggi. 

Proses awal pembuatan bambu ukir lampu hias ini, diawali dengan memotong bambu sebagai bahan baku utama. Setelah dipotong pada bagian kulit bambu kemudian dihaluskan dan di jemur hingga kering, proses ini membutuhkan waktu sekitar dua minggu.
 
Setelah proses pengeringan selesai, pada permukaan kulit bambu kemudian digambar sesuai motif. Selanjutnya lapisan kulit bambu yang telah diberi motif gambar diukir dan dihaluskan, proses ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian. 

Setelah proses pengukiran selesai, bambu ukir ini diberi lapisan pewarna agar terlihat mengkilat namun tidak menghilangkan ciri khas ukiran bambu, proses terakhir dalam pembuatan kerajinan bambu ukir lampu hias ini yakni pemberian bola lampu pada bambu ukir dan kertas mika berwarna bening. 
 
Meski terlihat sederhana, kerajinan bambu ukir lampu hias ini, banyak diminati masyarakat. Selain untuk lampu hias di rumah. Bambu ukir lampu hias ini juga untuk  lampu penerangan di restoran atau cafe.
 
Sedangkan harga bambu ukir lampu hias bervariasi antara seratus ribu hingga seratus lima puluh ribu rupiah, disesuaikan dengan ukuran dan tingkat kesulitan dalam proses pembuatan motif ukiran.

Menurut Zainal Arifin perajin bambu ukir lampu hias, ide pembuatan bambu ukir lampu hias ini muncul dibenak sekelompok pemuda di pinggiran Kota Jember. Setelah melihat di desa mereka tanaman bambu cukup melimpah, namun manfaatnya hanya untuk merenofasi rumah dan membuat kandang binatang ternak.

Diharapkan kedepan kerajinan tangan bambu ukir lampu hias ini, mampu menyedot lapangan kerja bagi para pemuda. Seiring semakin meningkatnya permintaan bambu ukir lampu hias dari berbagai kota di Indonesia. (RED)

Statistik Pengunjung

6725476
Hari ini
Minggu ini
Semuanya
4335
18488
6725476
IP Anda: 54.167.216.239

Facebook