JS Financial News - шаблон joomla Новости
Senin, 18 Juni 2018

SERPONG, kabarsebelas.com - Anggaran riset di Indonesia masih sangat kecil. Itu pun sumber risetnya sebagian besar dari pemerintah. Anggaran Riset yang dikumpulkan saat ini hanya 0,09 persen dari pendapatan kotor di Indonesia, yaitu Rp9.000 triliun pada tahun 2014. Namun, idealnya negara itu menjadi baik kalau risetnya telah mencapai diangka 2 persen.

"Anggaran riset tersebut kalau dibandingkan dengan negara tetangga masih jauh, bandingkan dengan Malaysia yang risetnya telah mencapai 1 persen, Thailand, 0,25 persen, Singapura yang telah mencapai 2,65 persen dan Korea Selatan pada tahun 1981 dalam pertumbuhan ekonominya hampir sama dengan Indonesia, tetapi risetnya sekarang ini mencapai 3,4 persen dari dari pendapatan kotor negaranya," kata Menristekdikti Mohammad Nasir, Rabu (5/8), kemarin, saat membuka "Forum Nasional Inventor-Inovator-Investor 2015" di Nusantara Hall Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan.

Menurutnya, saat ini Indonesia dana risetnya 74 persennya dari pemerintah. Sisanya 26 persen dari dunia usaha. Jauh berbeda dengan negara tetangga dimana 80 persennya dari dunia usaha.

Dia, mengatakan, mengapa ini terjadi karena hasil riset tersebut direalisasikan pada dunia usaha. "Kita ingin meningkatkan berapa biaya riset yang dikeluarkan oleh korporasi untuk membangun riset yang ada di negeri ini," ujarnya. Oleh karena itu, lanjut Nasir,  akan menfasilitasi dan mendorong dunia usaha berkontribusi terhadap riset. Idealnya setengah persen. Setengah persen itu sudah hebat luar biasa.

Dia, menjelaskan berharap bisa mendapatkan setengah persen tersebut dari swasta atau perusahaan dan secara informal Nasir sendiri sudah mensosialisasikan kepada Kadin dan asosiasi pengusaha. "Sektor yang dikembangkan adalah sesuai harapan Presiden Jokowi adalah Kemaritiman, kedaultan pangan dan energi," ungkap Nasir. (dade)

Statistik Pengunjung

6945509
Hari ini
Minggu ini
Semuanya
8163
15461
6945509
IP Anda: 54.158.15.97

Facebook