JS Financial News - шаблон joomla Новости
Senin, 18 Juni 2018

 

JAKARTA, Kabarsebelas.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang dinilai kesadaran, komitmen, dan kepedulian terhadap dunia pendidikan. Namun, sebanyak 22 penghargaan diberikan dalam Apreasi Peduli Pendidikan (APP) 2015 untuk mengapresiasi pihak-pihak yang telah memberikan kontribusi nyata dalam bidang pendidikan melalui berbagai cara sepanjang tahun 2015.

Mendikbud, Anies Bawesdan mengatakan berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini usulan calon penerima Anugerah Peduli Pendidikan (APP) dihimpun dengan melibatkan seluas-luasnya unsur masyarakat.


"Usulan calon menggunakan aplikasi formulir daring yang dikoneksikan dan disebarluaskan melalui akun media sosial Kemendikbud dan laman Kemdikbud.go.id, serta usulan dari Unit Kerja dan lembaga terkait," katanya, Jumat (11/12) malam, saat pemberian penghargaan APP 2015 akan berlangsung pada "Malam Anugerah Peduli Pendidikan (APP) 2015", di Plasa Insan Berprestasi, Gedung KI Hadjar Dewantara, Kemendikbud, Senayan Jakarta.

Sementara itu, tahun ini merupakan penyelenggaraan APP yang ke-6 kali kali. Kata, Anies, App pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010. Mendikbud, tema 2015 adalah "Penguatan Pelaku dan Ekosistem Pendidikan".


Anies, mengatakan tema ini bermakna bahwa pengelolaan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemn masyarakat untuk bersinergi dalam menguatkan para pelaku dan ekosistem pendidikan.

"Setiap elemen dalam ekosistem pendidikan memiliki tanggung jawab terhadap elemen lain dalam ekosistem tersebut," ujarnya.


Anies, menjelaskan tema tersebut juga mengacu pada tiga kerangka strategis dalam membangun bidang pendidikan dan kebudayaaan serta lima tahun kedepan. Terbentuknya insan dan ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarter dengan dilandasi semangat gotong royong, peningkatan mutu dan akses, dan pengembangan efektivitas birokrasi melalui perbaikan tata kelola dan pelibatan publik.

Kegiatan APP dilakkan untuk meningkatkan komitmen seluruh pemangku kepentingan pendidikan tentang pentingnya bagi peradaban dan daya saing bangsa.


Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi melaporkan, para penerima penghargaan APP 2015 dibagi ke dalam lima kelompok kategori. Pertama, Kelompok Kategori Perusahaan (dua penghargaan), Kedua, Kelompok Kategori Pemerintah Daerah (dua penghargaan), dan Ketiga, Kelompok Kategori Organisasi Nirlaba dan Kelompok Masyarakat (tiga penghargaan), dan Keempat, Kelompok Kategori Individu (tujuh penghargaan), dan Kelima, Kelompok Kategori Media (delapan penghargaan).

Dua penghargaan dari kelompok Kategori Perusahaan diberikan kepada perusahaan BUMN Petrokimia Gresik dan Perusahaan Swasta Shafira Corporation.


"Namun, dua penghargaan dari Kelompok Kategori Pemerintah Daerah diberikan kepada Kota Padang, Sumatera Barat dan Kabupaten Lanny Jaya, Papua," kata Didik.

Sementara itu, tiga penghargaan dan Kelompok Kategori Organisasi Nirlaba dan Kelompok Masyarakat diberikan kepada Yayasan Soposurung, Organisasi Masyarakat Forum Taman Bacaan Masyarakat, dan Komunitas Ngejah. Tujuh penghargaan dari Kelompok Kategori Individu kepada Kreativitas Pendidikan, Ranu Iskandar dan Mustakim, Inovator Teknologi Pendidikan, Arwahyu Sugito, Blogger, Deni Ranoptri dan Agus Dwianto, Pendidikan Daerah 3T, Fenty Diana Sari dan Ratua Connydio Simanjuntak.


Didik, mengungkapkan adapun delapan penghargaan dari kelompok Kategori Media diberikan kepada Program Acara Media Televisi, Explore Indonesia Kompas TV, Olimpiade Indonesia Cerdas RTV, dan Adit dan Sopo Jarwo MNC TV: Konten Berita Media Online, rri.co.id dan antaranews.com: Konten Berita Media Cetak, Kompas, Pikiran Rakyat, dan Majalah Gatra.

"Penyelenggaraan Anugerah Peduli Pendidikan (APP) diharapkan dapat menumbuh kembangkan kepedulian masyarakat atau pemangku kepentingan pendidkan terhadap pentingnya pembangunan pendidikan, termasuk pendidikan karakter," ungkap Didik.


Namun, APP juga diharapkan bisa menjadi ajang pemberian apreasi terhadap pihak-pihak yang selama ini memiliki komitmen dan kosistensi melalui kontribusinya dalam pembangunan pendidikan di tanah air, serta pihak-pihak yang memiliki prestasi dan inovasi dalam dunia pendidikan. (dade)

 

Statistik Pengunjung

6945564
Hari ini
Minggu ini
Semuanya
8218
15516
6945564
IP Anda: 54.158.15.97

Facebook