JS Financial News - шаблон joomla Новости
Senin, 24 September 2018

BEKASI, Kabarsebelas.com - Sebanyak 11 pejabat tinggi pratama di Pemerintah Kabupaten Bekasi dirotasi. Tujuh kedinasan dan satu badan akan dipimpin nama-nama baru. Rotasi pun terjadi pada posisi sekretaris daerah, Muhyiddin, yang harus turun jabatan menjadi Kepala Dinas Pendapatan Daerah.

Setelah melalui tahapan pencalonan terbuka, posisi sekretaris daerah diisi Uju yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pendapatan. Muhyiddin dan Uju, 'tukar' posisi. Pelantikan 11 pejabat baru ini digelar di ruang rapat Kantor Bupati Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat, Jumat (11/3/2016).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bekasi Charwinda mengatakan rotasi tersebut dilakukan berdasarkan ketetapan panitia seleksi yang telah dibentuk sebelumnya. Pansel terdiri dari pejabat dari lingkungan instansi yang bersangkutan, pejabat dari instansi lain yang terkait dengan bidang tugas jabatan yang kosong serta akademisi.

"(Rotasi) dilakukan melalui pansel yang telah dibentuk sebelumnya. Dari hasil seleksi pansel serta mengacu pada surat edaran Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), rotasi dilakukan. Kemudian hasilnya dilaporkan ke Bupati, laporkan ke KASN, termasuk laporan ke gubernur," ucapnya.

Rotasi dilakukan dalam rangka perbaikan dan peningkatan kinerja serta penyegaran. Selain Muhyiddin dan Uju yang berganti posisi, sembilan pejabat yang dilantik lainnya yakni Aat Barhaty (Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bekasi) menjadi Asisten Daerah I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda), Herman Hanapi (Kepala Dinas Perhubungan) menjadi (Sekretaris DPRD).

Kemudian Maman Agus Supratman (Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup) menjadi Kepala Dinas Pendidikan, Jamaludin (Asda I) menjadi Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman, Daryanto (Kadistarkim) menjadi Kepala BPLHD, Rohim Sutisna (Kadisdik) menjadi Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan, Aspuri (Staf Ahli Bupati) menjadi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Sahat Maju Bandar Mahor (Kepala BPBD) menjadi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Sutiaresmulyawan (Staf Ahli Bupati) menjadi Kepala BP4K2P.

Rotasi ini masih menyisakan satu tempat sebagai Kadishub selepas ditinggal Herman Hanapi. Diungkapkan Charwinda, pengisian jabatan kosong akan segera diisi melalui mekanisme open bidding. Sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 tahun 2014, pejabat harus mengikuti empat seleksi sebelumnya dinyatakan lulus menduduki jabatan baru. Keempat tahapan tersebut yakni seleksi administrasi, seleksi kompetensi, wawancara akhir dan penelusuran rekam jejak calon.

"Sesuai Permenpan-RB jabatan yang kosong baik itu rotasi atau promosi harus dilakukan open bidding. Pelaksanaannya akan dilakukan secepatnya,"  tandasnya. (cr01)

Statistik Pengunjung

7471121
Hari ini
Minggu ini
Semuanya
1819
8176
7471121
IP Anda: 54.158.52.166

Facebook