JS Financial News - шаблон joomla Новости
Selasa, 19 Maret 2019

Karawang, Kabarsebelas.Com – Panitia khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Kerasipan saat ini tengah di godog. Raperda tersebut didasari karena masih minimnya penataan arsip ditubuh Pemerintahan Kabupten (Pemkab) Karawang baik secara sistem maupun sumber daya manusia (SDM)

Terlebih Pemerintah Desa (Pemdes) saat ini memiliki anggaran yang lumayan sangat besar. Maka harus juga mempunyai tatanan arsip yang baik, sehingga segala kegiatan dapat terdokumentasi.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Karawang, Indriyani menyarankan dalam Raperda yang tengah di godog ini, penyelenggaraan arsip dibuat sampai ketingkat Desa dan harus didukung oleh sistem kearsipan yang baik.

“Kalau saya menyarankan penyelenggaraan arsip ini tidak sampai ketingkat Desa yang notabennya data arsipnya lebih banyak dana penting. Apalagi dengan bantuan  Dana Desa yang nluar biasa. Tingkat Desa harus melek terhadap penyelenggaraan kearesipan,”katanya, Senin 11/3/2019

Indriyani yang juga Pansus Raperda Kerasipan menjelaskan kalau Perda Kerasipan  harus segera dibentuk, mengingat hal tersebut sangatlah penting. Kondisi Arsiparis di Bidang kearsipan saat ini hanya dipegang satu orang, sehingga penyelenggara kearsiapan di tiap instansi hanya dipandang sebelah mata.

“Hasil study coperatif ke Kota Bandung, disana sudah meregister Perdanya no 3 tahun 2016, dan menambah tenaga arsiparisnya menjadi tiga orang,”katanya

Maka dengan dibentuknya Perda Kearsipan tersebut, lanjutnya, diharapkan mampu menciptakan sebuah tatanan sistem Kearsipan yang baik dan di topang oleh penambahan kuota SDM yang membidanginya.

“Dengan adanya Rapderda Kearsipan ini juga harus dipersiapkan SDM di Kearsipan, begitupun dengan pembentukan data center sebagai tempat arsip digital,”pungkasnya.(Red)

Statistik Pengunjung

8595891
Hari ini
Minggu ini
Semuanya
2551
15832
8595891
IP Anda: 54.90.204.233