JS Financial News - шаблон joomla Новости
Sabtu, 18 Agustus 2018

JAKARTA, kabarsebelas.com - Para orangtua kembali mengajak untuk mengantarkan anaknya ke sekolah di tahun ajaran baru 2016/2017. Oleh karena itu, para orangtua yang mengantarkan anaknya pada Hari Pertama Sekolah (HPS) sangat baik untuk membangun kemitraan antara orangtua, siswa, guru, dan sekolah.


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Anies Baswedan mengatakan, sekolah wajib menyampaikan rencana kegiatan kepada orangtua saat terdaftar menjadi siswa baru.

"Selain itu, guru juga wajib berinteraksi dengan orangtua tentang penerapan pendidikan siswa baru yang sering terjadi saat HPS, namun para orangtua malah menitipkan tanggungjawab pendidikan anaknya kepada institusi sekolah," katanya, Senin (11/7), saat diskusi terbatas yang membahas mengenai HPS tahun pelajaran 2016-2017, di Ruang rapat kerja Mendikbud, Gedung A Lantai 2, kantor Kemdikbud, Senayan, Jakarta.


Sementara itu,  HPS merupakan hari bersejarah bagi anak, dan sekolah merupakan rumah kedua bagi anak. Pasalnya, kata Anies, setelah mereka terdaftar maka anak akan lebih banyak menggunakan waktunya di sekolah.
Anies, menjelaskan sepertiga waku mereka, akan dihabiskan dengan kegiatan di sekolah.

"Namun, hubungan orangtua dengan sekolah harus dekat, baik di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), maupun Menengah Atas (SMA)," ujarnya.


Namun, jika orangtua dan guru berinteraksi, maka akan tercapai kepercayaan antar keduanya. Persoalan seperti saling melaporkan antar guru, siswa, dan orangtua yang sering terjadi, dapat dicegah jika keduanya berinteraks pada orangtua dapat memperkenalkan karakter, dan potensi anak, sehingga guru dapat memahami untuk membimbing anak tersebut seperti apa kedepannya. (dade)

 

Statistik Pengunjung

7397662
Hari ini
Minggu ini
Semuanya
2731
55432
7397662
IP Anda: 54.198.27.243

Facebook