JS Financial News - шаблон joomla Новости
Rabu, 13 Desember 2017

 

BEKASI, KABARSEBELAS.COM-- Mayoritas pengembang perumahan tidak menyerahkan fasilisitas sosial maupun fasilitas umum. Padahal, untuk memeroleh izin membangun, pengembang harus menyediakan fasos dan fasum dan menyerahkannya pada Pemerintah Kabupaten Bekasi .

 

Sedikitnya terdapat 294 pengembang di seluruh Kabupaten Bekasi. Hanya saja, dari jumlah tersebut hanya 32 pengembang yang telah menyerahkan fasos dan fasum. Pemkab Bekasi pun dinilai tidak berdaya menindak para pengembang yang tidak menunaikan kewajibannya.

 

“Masalah ini tidak ringan dan tidak bisa dibiarkan. Alasannya selama ini katanya tidak ada aturan yang mengikat, maka dari itu sekarang sedang dibahas peraturan daerah khusus untuk fasos dan fasum ini,” kata Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bekasi, Nurdin Muhidin.

 

Data jumlah pengembang itu didapat dari hasil pembahasan beserta sejumlah satuan kerja perangkat daerah yang terkait. “Jadi, dari total 294 pengembang itu hanya 11 persen yang baru menyerahkan fasos fasum, sedangkan 89% lainnya tidak,” kata Nurdin

 

Seperti diketahui, fasos yang dimaksud meliputi   jalan, angkutan umum, saluran air, jembatan serta fasilitas yang diperuntukkan bagi masyarakat umum lainnya. Sedangkan yang disebut fasum di antaranya klinik, pasar, tempat ibadah, sekolah, ruang serbaguna atau juga fasilitas sosial lainnya.

 

Dikatakan Nurdin, setiap pengembang sebenarnya hanya diwajibkan menyediakan fasos fasum sebesar 2% dari total luas perumahan yang digarap. Kendati persentasenya minim, lanjut dia, mayoritas pengembang justru membandel.

 

"Yang paling ekstrim lagi, pengembang justru kabur. Perumahan yang dibangun pun justru ditelantarkan sudah bertahun-tahun. Maka siapa yang bertanggung jawab, ini tidak ada jawabannya. Maka ini tengah didorong pembahasan yang mengatur tegas fasos fasum ini,” tandasnya. (dd)

Statistik Pengunjung

5597972
Hari ini
Minggu ini
Semuanya
4675
22837
5597972
IP Anda: 54.221.93.187