Miris, Pembagunan Pasar Cilamaya Baru 5%, Investor Malah Minta Uang Muka

Kondisi Pasar Cilamaya
Kondisi Pasar Cilamaya

Karawang, Kabarsebelas.com – Pembanguan pasar Cilamaya belum selesai dibangun, investor malah minta uang muka sebesar 30% kepada para pedagang.

Pasalnya, semenjak dilakukan peletakanbatu pertama sebagai simbolis oleh Bupati Karawang, dr. Hj Cellica Nurachadiana pada 1 Maret 2019 awal dimulainya pembanguan pasar Cilamaya di Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang hingga saat ini dinilai tak menunjukan progres pembangunan yang signifikan.

Pada saat dilakukan peninjauan oleh Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamaksyari (Kang Jimmy) pada Jumat (28/6/2019), Jimmy pun merasa heran kenapa kok bisa memilih pengembang yang tidak bermodal.

Karena, pembanguan pasar Cilamaya yang dikerjakan oleh PT. Barokah Putra Delapan ini baru menunjukan 5% progres pekerjaanya, namun sudah meminta uang muka sebesar 30% kepada para pedagang. Padahal, pembangunan Pasar Cilamaya dengan anggaran lebih dari Rp 46 miliar tersebut ditarget dua tahun pembangunan selesai.

“Sepertinya investor tidak punya cukup modal. Soalnya malah minta 30% uang muka kepada pedagang. Pembangunanya juga baru sekitar 5%,” tutur Kang Jimmy

Atas persoalan ini, Kang Jimmy menegaskan, jika ia tidak mau para pedagang menjadi korban atas persoalan kekurangan modal investor dalam pembangunan Pasar Cilamaya ini. Kang Jimmy juga mengaku akan memanggil dinas terkait untuk menjelaskan progres Pasar Cilamaya.

“Saya belum hapal persoalannya kenapa investor seperti ini bisa dipilih. Saya hanya tidak ingin pedagang yang jadi korban dengan harus membayar uang muka 30%. Tunggu saja nanti tanggal mainnya. Siapapun pemborong nakal akan berhadapan dengan saya,” tegas Kang Jimmy.

Namun untuk diketahui, pembangunan Pasar Cilamaya ini memiliki luas lahan 13.750 meter persegi. Dengan luas bangunan sekitar 5.047 meter persegi, serta sisa lahan seluas 8.703 meter persegi untuk dibuat fasilitas umum.

Adapun jumlah kios yang akan dibangun di Pasar Cilamaya yaitu sebanyak 630 kios. Jumlah pedagang eksisting sebanyak 296 dan Pedagang Kali Lima (PKL) sekitar 300 orang. Dengan nilai investasi Rp 46 miliar lebih, pembangunan Pasar Cilamaya oleh PT. Barokah Putra Daerah ini ditarget selesai dalam jangka waktu 2 tahun.(red)