Lomba Asman Melalui Pamanfaatn Toga Tingkat Provinsi di Buka Wabup Lampura

Lampung Utara, Kabarsebelas.com – Wakil Bupati Lampung Utara (Lampura), H. Budi Utomo, SE, MM, membuka acara Lomba Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional (ASMAN), melalui Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresur Tingkat Provinsi Lampung, di Kecamatan Abung Semuli Kabupaten setempat.

Dalam kegiatan tersebut, nampak hadir, Uki Basuki, S.KM Ketua Tim Penilai Lomba Asman dari Provinsi Lampung beserta anggotanya, Wakil Ketua TP PKK Lampura, Hj. Nurindah Sulastri, S.Pd, MM, Kadis Kesehatan, Camat Abung Semuli, serta para Peserta Lomba.

Wakil Bupati Lampura dalam sambutannya memaparkan, sesuai Surat Keputusan Menteri Kesehatan nomor 374/Menkes/SK/IV/2009 tentang Sistem Kesehatan Nasional, disebutkan bahwa pengobatan tradisional merupakan bagian dari sub sistem upaya kesehatan.

Kemudian, berdasarkan Permenkes RI nomor 9 Tahun 2016 tentang pengembangan kesehatan tradisional melalui asuhan mandiri, pemanfaatan toga dan keterampilan dijelaskan bahwa pelaksanaan program pengembangan kesehatan tradisional terkait toga ini dilaksanakan secara berjenjang dan berkelanjutan mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Tingkat Pusat.

“Dimana dalam hal ini Pemerintah telah menetapkan kebijaksanaan dalam upaya mencapai kesehatan, antara lain melalui penerapan teknologi tepat guna dan peran serta masyarakat,” tuturnya. (2/7)

Wabup juga menjelaskan pengobatan tradisional yang dipadukan dengan obat-obat tradisional, merupakan salah satu bentuk peran serta masyarakat dan sekaligus merupakan teknologi tepat guna yang potensial untuk menunjang pembangunan kesehatan. (P.15)