by

PT. Pindodelli II Diduga Caplok Tanah Warga

-Lainnya-208 views

Karawang, Kabarsebelas.com – PT Pindo Deli II diduga ‘mencaplok’ tanah milik warga Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, untuk dijadikan fasilitas milik perusahaan. Atas hal tersebut, Badan Penyuluh dan Pembelaan Hukum (BPPH) Pemuda Pancasila yang diberi mandat oleh pemilik tanah meminta keadilan kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Karawang terkait adanya sengketa lahan tersebut.

Sengketa lahan ini bermula tanah sisa seluas kurang lebih 584 meter yang tidak di jual dan dijadikan sebagi fasilitas jalan masyarakat Desa Kutamekar serta penyebrangan, namun secara tanpa hak PT. Pindo Deli II turut menutup jalan tersebut dengan pagar beton kemudian badan jalan di keruk oleh alat berat.

“Kami diundang oleh BPN untuk melakukan mediasi terkait adanya sengketa lahan milik warga dengan PT Pindo Deli II, namun pihak perusahaan tidak hadir dengan alasan ada kegiatan lain,” ujar Salah seorang Advokat BPPH PP, Endi Mulyono, Kamis (4/7/2019)

Ia menjelaskan, pihaknya ditunjuk oleh pemilik tanah yang memiliki bukti kepemilikan lahan yang saat ini dipakai oleh PT Pindo Deli II. Adapun harapan kita selaku advokat BPPH PP yang turut mendampingi masyarakat yang hak nya di rugikan terhadap persoalan ini agar pihak perusahaan turut bekerja sama dengan beritikad baik untuk bisa duduk bersama di ruang mediasi ini,” katanya.

Ia menambahkan, kalaupun jalan itu harus di tutup masyarakat sangat keberatan. Masyarakat meminta agar di carikan solusi agar tidak mengganggu aktifiakt masyarakat. Karena lahan tersebut adalah tanah hibah untuk fasilitas umum.

“Namun kami melihat tidak ada itikad baik dari perusahaan,” katanya.

Rencannya, mediasi kedua bakal dilakukan dan surat undangan bakal dikirim ulang oleh BPN Karawang kepada pemilik lahan dan pihak perusahaan,”pungkasnya.(nand)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 comments

  1. 682418 626924Nice read, I just passed this onto a colleague who was doing some research on that. And he truly bought me lunch as I identified it for him smile So let me rephrase that: Thank you for lunch! 269981

News Feed