by

Event Goyang Karawang itu Lebih Layak di Objek Wisata, Bukan di Galuh Mas

Karawang, Kabarsebelas.com – Dilaksanakan event internasional goyang Karawang menjadi salah satu rangkaian HUT Kabupaten Karawang yang ke 386 mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Komisi IV DPRD Karawang. Namun, untuk lokasi dilaksanakannya event tersebut sangat disayangkan olehnya tidak dilakukan di tempat objek wisata malah dilaksanakan di Galuh Mas Karawang.

Endang Sodikin Wakil Ketua Komisi IV DPRD Karawang, mengatakan dilaksanakannya event goyang Karawang di galuh mas, mungkin Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) sudah komunikasi dengan Bupati atau pimpinan di komisi IV sehingga dilaksanakannya event akbar tersebut di Galuh Mas. Persoalan dijadikan ajang bisnis atau promosi ia tidak menganggap kearah sana, tapi lebih baik event tersebut dilaksanakan di objek wisata.

“event akbar internasional goyang Karawang memang lebih layak di laksanakan di objek wisata Karawang, sambil dipromosikan,”Kata Endang, Jumat (5/7/2019)

Menurutnya objek wisata itu bukan hanya di kampung budaya, jika memang kepala dinas Parbud menganggap tidak representatif, menurutnya objek wisata di Karawang itu banyak dan yang lebih representatif itu di Candi Jiwa Karawang.

Karena, menurutnya Candi Jiwa di Karawang itu konteknya lebih memperkenalkan karena lebih tua dari Candi Borobudur. Untuk jarak tempuh sendiri menurut Endang, itu soal teknis tinggal bagaimana panitia bisa mengatur roundon acaranya.

“Jarak tempuh itu soal teknis yang bisa di kompromikan, bagaimana peserta dari 5 Benua nanti menginap di hotel tinggal di siapkan mobil anter jemputnya, “Katanya.

Lanjut Endang, ia berharap upaya dari Pemerintah Daerah untuk memperkanlkan seni budaya Karawang lewat goyang Karawang yang spektakuler dan mendunia dapat di ketahui oleh masyarakat atau dunia luar. Namun, disisi lain event ini harus lebih melihat objek wisata lain, atau hanya memperkenalkan jaipongan saja yang memang lebih mendunia atau ada objek yang lain untuk diperkenalkan budaya dan wisatanya.

“Bisa saja dengan dilaksanakannya di candi jiwa, nanti banyak orang yang memang konsen di kebudayaan, dan juga konsen di kepurbakalaan ini lebih melihat objek yang harus di perhatikan,”jelasnya.

Diperkirakan anggaran event akbar tersebut menghabiskan sekitar 2 Miliar lebih. Menurut Endang itu rasional jika ada feedback dengan banyak yang akan menginap di hotel.

“Mungkin nanti ada central home industri dan ini rasional,”pungkasnya. (red)

News Feed