by

Melalui Bumdes, Lampura Genjot Objek Wisata di Desa

Lampung Utara, Kabarsebelas.com – Sejak dikeluarkannya Permendesa PDTT Nomor 4 Tahun 2015 tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sebanyak 5 Kecamatan di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) telah mengelola destinasi wisata di desa melalui BUMDes.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Wahab melalui Kasi Usaha Ekonomi, Muslim, SE, MM, kepada Kabarsebelas.com, berkat kerjasama pihaknya bersama kepala desa serta melakukan sosialisasi dengan Pemerintah desa melalui kecamatan, hingga saat ini sudah ada hampir 200 BUMDes tersebar di 23 kecamatan di Lampura.

“Dari 232 desa yang ada di 23 kecamatan se-Lampung Utara, saat ini baru ada lima kecamatan yang telah mengalokasikan BUMDes untuk mengelola objek wisata desa,” ungkap Muslim diruang kerjanya. Jumat (5/7/2019).

Adapun objek wisata desa tersebut, menurut Muslim berada di Desa Wonomarto di Kecamatan Kotabumi Utara, Desa Merambung di Kecamatan Tanjung Raja, Way Isom di Kecamatan Sungkai Barat, Sri Bandung di Kecamatan Abung Tengah dan Kecamatan Abung Pekurun.

“Seperti tempat wisata Suarta Arta Mandiri di Desa Wonomarto Kecamatan Kotabumi Utara, alhamdulilah telah mengangkat nama baik desa bahkan Kabupaten Lampung Utara karena telah menjuarai lomba BUMDes tingkat Provinsi,” tutur Muslim, seraya menjelaskan masih banyak destinasi wisata di Lampura bermunculan namun belum dikelola BUMDes.

Dengan dikembangkannya objek wisata di desa melalui anggaran BUMDes, Muslim berharap agar pengelolaan SDA (Sumber Daya Alam) dapat dikelola dengan sebaik mungkin.

“Apapun bentuknya, ini demi kepentingan desa itu sendiri sehingga akan menciptakan desa yang mandiri. Bila destinasi wisata ini berkembang, ya desa itu sendiri yang akan memetik hasilnya,” ujarnya. (P.15)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments

News Feed