Dinsos Bantu Pengadaan Seragam Sekolah Satiya ‘Bocah Obesitas’

Karawang, Kabarsebelas.com – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Karawang, mendatangi  tempat tinggal bocah obesitas ekstrem Satiya Putra (7) di  Dusun Cilempung, Desa Pasirjaya,  Kecamatan Cilamaya Kulon Karawang. Dinsos berencana akan membuatkan pakaian seragam sekolah serta perlengkapan kebutuhan sekolah lainnya.

“Dinsos akan memberikan bantuan seragam sekolah, untuk Satiya, karena pakaian seragam dipasaran tidak ada yang cukup, ” kata Diah Falupi Ekayanti, Bidang Rehabilitasi Sosial,  Sabtu (6/7/2019)

Ia juga mengatakan jumlah pakaian seragam akan dibuatkan dulu sesuai ukuran badannya,  selain itu perlengkapan lainnya juga akan disumbang seperti sepatu ukuran dewasa, perlengkapan sekolah seperti tas dan lainya.

“Kebutuhan perlengkapan sekolah akan dipenuhi, dan kita akan disesuaikan dengan kebutuhan, si anak,”katanya.

Namun, ia menerangkan sumber dana untuk keperluan kebutuhan perlengakapan sekolah, akan menggalang dana dari komunitas yang peduli masalah sosial, untuk memenuhi seluruh kebutuhan saat memasuki dunia pendidikan.

“Kita ada komunitas khusus peduli bagi masyarakat yang kurang mampu,”terangnya.

Satia Putra (7) bocah penderita obesitas dengan bobot badan 101 kilogram mengaku berencana ingin masuk sekolah pada tahun ajaran 2019-2020, karena pada tahun sebelumnya sempat tertunda akibat belum cukup persyaratan usia 7 tahun.

“Pada ajaran tahun ini,  Ia sudah mau daftar sekolah dasar,” kata Komariyah ibu Satiya.

Namun, Komariyah mengatakan untuk seragam sekolah, sebelum mau masuk Sekolah Dasar (SD), anaknya ingin masuk sekolah Madrasyah Ibtidahiyah (MI). Kemudian saat mencari pakaian seragam tidak ada yang pas sesuai ukuran badannya karena begitu besar, dan harus bikin sendiri sesuai ukuran badan anaknya.

“Kami terpaksa harus bikin sendir dengan membeli kain yang lebih panjang,” katanya.(nand)