by

Cuaca Buruk, Nelaya Subang Enggan Melaut

-Lainnya-34 views

Subang, Kabarsebelas.com – Cuaca buruk yang terjadi sejak satu bulan lalu membuat ratusan nelayan di wilayah utara Blanakan, Subang, Jawa Barat enggan melaut.

“Para nelayan enggan mencari ikan lantaran angin kencang dan gelombang laut meninggi,”Ujar Nurohman, Selasa (9/7/2019)

Menurutnya, sejumlah nelayan enggan melaut karena cuaca belakangan ini sangat buruk, gelombang air tinggi dan angin kencang, terjadi sejak satu bulan terakhir, yang awalnya tinggi gelombang laut hanya satu meter, namun akibat munculnya siklon dahlia gelombang laut naik mencapai dua hingga tiga meter.

Lanjutnya, pilihan nelayan tidak melaut untuk menghindari kemungkinan buruk akibat kondisi alam yang kurang bersahabat. Selama tidak melaut nelayan di subang hanya bisa memperbaiki alat tangkap dan mesin kapal.

“kalaupun di paksakan melaut sangat beresiko untuk keselamatan nelayan bahkan hasil yang didapat tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan, intinya rugi dan bahaya,”jelas Nurohman

Sementara itu, walaupun cuaca ektrim, tak sedikit nelayan yang memaksakan pergi melaut akibat faktor kebutuhan. Degan adanya gelombang tinggi dan angin kencang nelayan berharap cuaca buruk segera berakhir sehingga nelayan bisa kembali melaut.(Ahd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed