by

Yudi Bantah Adanya Jual Beli KK di Disdukcapil

Karawang, Kabarsebelas.com – Beredar adanya jual beli Kartu Keluarga (KK) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) atas pemberlakuan sistem PPDB online karena pemberlakuan zonasi, dibantah oleh KepalKepala Disdukcapil Kabupaten Karawang.

Menurut Yudi Yudiawan, Kepala Disdukcapil Kabupaten Karawang, bahwa terkait ramainya isu jual beli KK atas pemberlakuan sistem PPDB online, ia sendiri tidak tau seperti apa praktek jual belinya.

“Saya juga belum tau jual beli KK seperti apa, karena gini prosesnya kita sudah sistem dan tandatangan saya sudah elektrik pakai barcode tidak tanda tangan manual,”Jelas Yudi, Rabu (10/7/2019) ketika ditemui di gedung Bupati Karawang.

Lanjut Yudi, semua pembuata adminitrasi kependudukan menurutnya sudah berdasarkan persyaratan dan sesuai aturan. Setelah persyaratan sudah lengkap baru di proses oleh pejabat Disdukcapil.

“jual beli KK nya dimana,”Kata Yudi.

Misalnya gini kata Yudi, ada anak daftar untuk pembuatan KK tapi keinginan anak tersebut atau masyarakat ingin diterbitkan mundur tanggal pembuatan dan itu tidak bisa.

“kakau itu tidak bisa, kan ini sistem, “Tegasnya

Kemudian kata Yud lagi, bahwa yang menentukan bahwa masyarakat itu tinggal lama atau tidaknya di tempat baru yang menentukan itu Desa dan Kecamatan.

“Kita sudah one day sevice sehari jadi, dan tanggal pembuatan ya pas KK di buat hari itu, tidak bisa mundur, “katanya

Atas persoalan tersebut Disdukcapil menjadi imbas karena pakai pemberlakuan zonasi. Kalau zonasi itu minimal enam bulan baru bisa untuk mendaftar di sekolah dekat masyarakat tinggal.

“Itu imbasnya ke kita makanya untuk tahun depan kita akan mou untuk buat KK di Disdik,”Jelaanya

Dipertegas oleh Yudi, bahwa tidak ada jual beli KK di Disdukcapil, seperti apa yang ramai di bicarakan oleh masyarakat.

“Kita sudah sistem tidak bisa, Kalau mau pindah ya harus proses dulu,”pungkasnya. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

21 comments

  1. 567913 29144Ill correct away grasp your rss feed as I cant in obtaining your e-mail subscription hyperlink or e-newsletter service. Do youve any? Please let me comprehend so that I could subscribe. Thanks. 563517

News Feed