by

Ratusan Hektar Sawah di Subang Alami Kekeringan Parah

-Lainnya-119 views

Subang, kabarsebelas.com – Ratusan hektar sawah di Subang, Jawa Barat, mengalami kekeringan parah. Akibatnya, tanaman padi mulai mengering dan terancam gagal panen. Sehingga, petani dipastikan akan merugi.

Sedikitnya sekitar 300 hektar sawah di blok persawahan, Desa Siluman dan Desa Cihambulu, Kecamatan Pabuaran, Subang, Jawa Barat mengalami kekeringan. Tanaman padi yang masih berumur dua puluh lima hingga satu bulan mulai kering dan terancam gagal tanam akibat kurangnya pasokan air.

Dampak dari kekeringan ini, tanaman padi tumbuh tidak sempurna dan mati. Bahkan, tanah mulai mengalami retak-retak.

Kekeringan di Pantura Subang ini terjadi sejak dua bulan lalu. Tanaman padi hanya satu kali dapat pasokan air hujan. Bahkan, sungai serta irigasi yang berada di sekitar persawahan pun kini nyaris kering tanpa adanya air.

“Sawahnya pada kekeringan karena nggak ada pasokan air. Sekitar 300 hektar yang kekeringan di daerah ini. Usia padinya mulai dari 25 hari sampai satu bulan. Kalau begini terus dipastikan kami akan gagal panen,” kata salah seorang petani, Jaenudin, saat ditemui kabarsebelas.com di areal persawahannya, Kamis (11/07/2019).

Jika dalam satu bulan ke depan areal pertanian masih alami kekeringan, petani hanya bisa pasrah. Dapat dipastikan para petani di Subang akan mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Petani berharap pemerintah segera turun tangan menanggulangi kekeringan yang setiap tahun terjadi dan melanda pada petani.

“Kami berharap pemerintah mau membangun irigasi yang memadai, supaya sawah kami cukup air dan tidak kekeringan lagi,” pungkas Jaenudin. (ahd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed