by

SDN Gempol Kolot 1 Berharap Gedung Sekolah Dua Lantai

Karawang, kabarsebalas.com – Sekolah Dasar Negeri Gempol Kolot 1 di Desa Gempol kolot, Kecamatan Banyusari, Karawang, Jawa Barat, yang dibangun sejak 40 tahun yang lalu, masih banyak memerlukan tambahan ruangan.

Hingga saat ini, sekolah tersebut hanya memiliki enam ruang kelas untuk belajar.

“Setiap tahun ajaran baru sekolah kerap mengalami over kapasitas, seperti tahun ini jumlah siswa baru mencapai 60 siswa baru. Padahal, idealnya hanya mampu menampung 28-30 siswa kelas 1,” kata Kepala Sekolah SDN Gempol Kolot 1, Dahlan, Senin (15/07/2019).

Sekolah hanya memiliki lima ruang kelas yang bisa digunakan untuk belajar siswa dari kelas 1 hingga kelas 6. Sekolah tidak tega kalau satu ruang kelas disekat untuk digunakan siswa dari dua kelas dalam waktu bersamaan, cara mensiasatinya dengan cara bergiliran.

“Tentunya kami masih banyak memerlukan ruangan, karena terbatas ruangan kami siasati dengan memanfatkan ruangan yang ada,” ujar Dahlan.

Dirinya menambahkan, adapun yang diperlukan sekolah saat ini adalah pembangunan enam ruang kelas belajar siswa dua lantai, ruang guru dan ruang kepala sekolah serta satu ruang perpustakaan dan gudang.

“Karena kondisi yang sekarang hanya memiliki lima ruang kelas, satu ruang kantor guru. Hal ini juga tentunya mengurangi kenyamanan belajar bagi murid itu sendiri, karena mereka belajar dalam ruangan yang berdesakan,” jelasnya.

“Idealnya, pembangunan yang kami butuhkan agar proses belajar mengajar bisa maksimal. Pembangunan yang dibutuhkan sekolah sesuai dengan jumlah siswa. Tanah sekolah cukup terbatas. Jadi, proses pembangunannya harus dua lantai dan berharap Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang segera merealisasikan pembangunan di sekolah kami,” sambungnya.

Selain itu, Ia mengatakan, jumlah tenaga guru mengajar di SDN Gempol Kolot 1, sekitar 9 (sembilan) orang termasuk tenaga admistrasi. “Guru produktif 9 orang dengan jumlah siswa pada tahun kemarin 315 orang, rata-rata per rombel di atas 50 siswa,” pungkas Dahlan. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed