by

Anggaran Pembelian Bibit Untuk Hutan Kota Diduga di Gelapkan

-Lainnya-133 views

Karawang, Kabarsebelas.com – Belakangan ini Hutan Kota di jalan lingkar luar Tanjungpura Karawang mendapat sorotan dari masyarakat Kabupaten Karawang. Pasalnya, keberadaan Hutan Kota yang diharapkan bisa memperindah Kota Karawang kondisinya hari ini terbengkalai dan tidak terawat sejak di resmikan oleh Bupati Karawang Cellica dua tahun lalu.

Padahal Bupati Cellica, pada saat meresmikan hutan kota Karawang pada tanggal 16 September 2017 lalu agar Hutan Kota Karawang dapat terus dirawat, dijaga dan dipelihara dengan baik sehingga bermanfaat bagi masyarakat Karawang nampaknya hanya tinggal harapan.

Diketahui dalam program Hutan Kota Karawang tahun 2016 lalu, Dinas Pertanian Kehutanan Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Karawang melakukan sejumlah pembelian bibit tanamanan dan bibit ternak.

Dari informasi yang didapat, Sekitar Rp. 2,1 Miliar untuk pembelian bibit tanaman dan Rp. 336 juta untuk pembelian bibit ternak digelontorkan kas daerah untuk mengoptimalkan pembangunan Hutan Kota Karawang tersebut.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang, Rosmalia Dewi ketika di konfirmasi Kabarsebelas.com terkait pembelian bibit-bibit tersebut mengaku tidak tahu.

Dijelaskannya, pada saat pelimpahan pengelolaan dari Dinas Pertanian ke dinasnya (Dinas LHK) tahun 2016 lalu, pihaknya tidak menerima adanya bibit-bibit tanamanan maupun ternak.

“Tidak ada, pembelian ini bukan di DLHK, yang dilimpahkan ketika itu pada saat serah terima itu tidak ada ya ternak, dan kita juga tidak mengambil,” jelas Rosmalia.

Menurutnya, Bibit ternak itu bukan kewenangan DLHK.

“tapi kalau dialihkan ke yang lain kita tidak tahu ya, pada saat serah terima hanya yang ditanam pertanian. Itu pun lebih kurang 1 Ha luasnya dan posisinya juga hanya di bagian depannya saja,” kata Rosmalia lagi menjelaskan.

Ia menggambarkan, untuk membedakan bibit tanaman yang ditanam dari CSR KIIC tanahnya datar dan tidak dilakukan pengarugan.

“Sementara untuk tanaman yang ditanam dinas pertanian saat itu, tanahnya diarug posisinya pun ada di bagian depan lahan Hutan Kota dan luasnya sekitar kurang lebih 1 Ha,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadarisman yang pada waktu itu menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karawang ketika coba di Konfirmasi melalui pesan Whatsapp nya, hingga berita ini diturunkan tidak juga ada balasan.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed