by

Akibat Tumpahan Minyak Pertamina, Petani Tambak di Pesisir Karawang Resah

Karawang, Kabarsebelas.com – Petani tambak ikan dan udang di pesisir pantai utara Kabupaten Karawang resah dengan adanya tumpahan minyak mentah milik Pertamina di laut Karawang.

Hal tersebut diungkapkan Herman petani tambak udang pesisir laut Karawang, dengan adanya tumpahan minyak mentah di laut Karawang, dirinya khawatir akan berdamoak pada hasil tambak mereka.

“Kami resah dengan adanya tumpahan minyak ini, nanti akan berpengaruh pada hasil tambak kami,”Ungkap Herman Petani Tambak asal Desa Cemara Jaya, Cibiaya, Karawang, Selasa (23/7/2019)

Dengan adanya tumpahan minyak mentah dilaut Karawang, menurutnya nanti bukan hanya berdampak pada ekosistem laut. Tumpahan minyak Pertamina juga dirasakan petani tambak Desa Cemara Jaya, Cibuaya, Karawang.

Pasalnya, tumpahan minyak metah milik Pertamina yang mencemari pantai, sudah masuk kearea tambak petani. Berbagai upaya telah dilakukan agar tumpahan minyak yang mencemari tambak mereka agar tidak meluas.

“Kita sudah berupaya dengan cara apapun agar tumpahan minyak ditambak tidak meluas,”terangnya

Salah satu upaya yang ia lakukan adalah dengan menutup saluran air, serta menahan tumpahan minyak dengan jaring. Namun, bagi tambak yang sudah terkontaminasi minyak mentah para petani berusaha membersihkan dengan alat seadanya.

Sementara itu, sebagian petani takut mengairi tambak tambak mereka dengan air yang telah terkontaminasi akibat tumpahan minyak tersebut.

“Akibatnya petani menunda pembibitan ikan dan udang guna mengantisipasi kerugian,”Pungkasnya.

Sebelumnya, tumpahan minyak sudah mencemari perairan di enam Kecamatan, diantaranya Kecamatan Pakisjaya, Tirtajaya, Cibuaya, Pedes, Cilebar, Tempuran, dan Kecamatan Cilamaya.

Penulis : Nurdin Peles

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

27 comments

  1. After looking over a few of the articles on your web site, I really appreciate your way of blogging. I book-marked it to my bookmark site list and will be checking back soon. Please check out my website as well and let me know your opinion.

  2. Іt’s a shame y᧐u don’t have a donate button! I’d most certainly ɗonate to this suρerb bloց! I suppose for now i’ll ѕettle for ƅߋokmarking and adding youг RSS feed to my Google account. I look forwаrd to brand new updateѕ and will tаlk about thiѕ site with my Facebook group. Chat soon!

News Feed