by

Program Pamsimas, DPMPD Himbau Kuatkan Management Pengelolaan

-Daerah-14 views

Sumedang, Kabarsebelas.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Sumedang menyelenggarakan pelatihan penguatan pemerintahan desa dan kecamatan pada Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III 2019 selama tiga hari kedepan yang diikuti sebanyak 112 desa dan Kasipem dari setiap kecamatan yang bertempat di Wisma Haji Islamic Center.

Kepala DPMPD Kabupaten Sumedang, Teddy Mulyono’ mengatakan program Pamsimas penting untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat serta pengawasan penampung kantung kantung air seperti hutan dan mata air harus terawat.

“Program Pamsimas III dilaksanakan untuk mendukung dua agenda nasional untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan,”kata Teddy, Selasa (23/7) saat memberikan arahan pada peserta.

Teddy menerangkan, Kabupaten Sumedang, bila dilihat ada beberapa titik terdapat rawan kekeringan, intinya bagi yang kekurangan air layak minum, progres kedepan bersasaran ke warga miskin namun tentunya lebih kepada yang membutuhkan, semua ini dari program kolaborasi salah satunya pamsimas ini.

Kemudian di samping program pamsimas, sebagai kebutuhan masyarakat juga kebutuhan muatan wisata di 54 desa, sebab tidak mungkin tempat rekreasi tidak memiliki air bersih, seperti kawasan desa Ciherang dan bagian timur Sumedang.

“Perilaku hidup yang baik mulai hari ini kita optimalkan di mulai dari kita sebagai pembimbing dan kader perencana kepada masyarakat dalam gerakan hidup sehat ” tandasnya.

Untuk itu Program pamsimas berkaitan dengan sanitasi lingkungan karena selama ini masih banyak warga yang membuat MCK atau tempat buang air besar berdekatan dengan sumber air bersih, itu bisa berdampak kurang baik tentunya.

“Kabupaten Sumedang, dalam program Pamsimas sudah mencapai 60% atau 12 ribu lebih warga sumedang pengguna manfaat air bersih yang sudah berjalan, artinya kita berkewajiban untuk memaksimalkan hingga 100%,” pungkasnya. (Deni)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed