by

Desa Talagajaya Pacu Pembangunan dari Dana Desa

Karawang, Kabarsebelas – Dana desa (DD) yang diterima Desa Talagajaya, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menjadi pemacu pembangunan di berbagai sektor. Adanya DD yang diterima pihak desa menjadikan kepala desa leluasa dalam melaksanakan pembangunan dengan mengutamakan skala prioritas.

“Adanya dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat tentunya membuat kami leluasa dalam melaksanakan pembangunan,” ungkap Kepala Desa Talagajaya, Naja Nurjaya, Jumat (26/07/2019).

Selain itu, dana desa yang diterimanya digunakan untuk memajukan desa dengan cara membangun maupun membenahi infrastruktur yang ada di desa.

Pembangunan jalan, terutama jalan setapak dan jalan lingkungan menjadi prioritas pembangunan yang dibiayai Dana Desa tahun 2019. Lokasi pembangunannya pun tersebar di 4 dusun yang ada, seperti Dusun Kaliasin, Wagirjaya, Kalijaya, dan Dusun Pegadungan.

“Untuk pembangunan jalan setapak, kita sebar di semua dusun sesuai kebutuhan, dengan tetap mengutamakan skala prioritas,” kata Nana.

Selain peningkatan infrastruktur jalan, dana desa juga digunakannya untuk peningkatan dan pembangunan lainnya terutama bidang pendidikan dan kesehatan. Hal itu tercermin dari rencana pembangunan yang dibiayai dana desa tahap 3 yang akan digunakan untuk membangun 1 unit Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di Dusun Kaliasin dan pembangunan 1 unit Posyandu di Dusun Kalijaya.

Menurutnya, melalui dana desa tersebut, berbagai fasilitas umum dapat dibangun sesuai kebutuhan masyarakat.

“Dana yang kami terima semaksimal mungkin kami gunakan sebagaimana mestinya, dan segala program yang kami laksanakan itu semua sesuai denga aspirasi dan usulan masyarakat,” imbuhnya.

Untuk mempercepat proses pembangunan wilayahnya, lanjut Nana, selain memaksimalkan Dana Desa yang diterima, pihaknya juga terus mendorong dengan berbagai pengajuan pembangunan yang tidak bisa dibiayai dana desa. Salah satunya dengan pengajuan kepada Dinas PUPR dan PRKP Kabupaten Karawang, maupun kepada para anggota dewan untuk menempatkan aspirasi di wilayahnya.

“Selain dari dana desa kami juga mendapat program normalisasi saluran air di 2 lokasi, pembangunan jalan poros desa 2 lokasi, serta pembangunan 1 unit jembatan dari aspirasi teh Gina Swara (Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat),” tutupnya.

Dengan mayoritas warga berprofesi sebagai petani, dampak pembangunan sangat dirasakan warga masyarakat. Mereka mengaku puas dan memberikan apresiasi atas gencarnya pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa.

Dengan pembangunan di berbagai sektor tersebut, roda perekonomian masyarakat pun turut terdongkrak terutama dengan kemudahan akses jalan.

Sementara itu, warga setempat, Icam mengatakan, merasa sangat puas apa dengan pembangunan yang dilakukan pemerintah desa. “Kami sangat puas dan dapat merasakan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa, terutama transportasi hasil panen lebih mudah dengan jalan-jalan yang sudah dibangun,” pungkasnya. (Yaya)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 comments

  1. 677101 920644I discovered your blog website web site on google and appearance some of your early posts. Preserve up the excellent operate. I just extra increase Feed to my MSN News Reader. Seeking for toward reading far much more by you later on! 393020

News Feed