Tim SAR Gabungan, Siaga Dampak Erupsi Gunung Tangkuban Perahu

Bandung, Kabarsebelas.com – Tim SAR gabungan diterjunkan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiagaan terkait erupsi Gunung Tangkuban Perahu, sejak Jum’at (26/7) sore. Gunung Tangkuban Perahu,Jumat (26/7) sore. Untuk melakukan pemantauan dan koordinasi dengan pihak terkait yang berada di lokasi guna mengantisipasi dampak erupsi.

Tim SAR berkoordinasi dengan PVMBG Bandung, BPBD Prov Jawa Barat, Pos Pantau Gunung Tangkuban Perahu, SAR Pasundan, unsur TNI serta Polri setempat.

“Kantor SAR Bandung telah berkoordinasi, bahwa saat ini kondisi sudah normal, kemudian pengunjung wisata Gunung Tangkuban Parahu, pendaki gunung tangkuban perahu dan masyarakat sekitar sudah dievakuasi,” kata Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah ,Sabtu (27/7) dalam siaran persnya.

Tim rescue gabungan yang diterjunkan ke lokasi untuk bersiaga jika dibutuhkan pencarian dan pertolongan usai erupsi di Gunung Tangkuban Parahu.

“Kantor SAR Bandung berfokus pada pencarian dan pertolongan, oleh karenanya siaga tim di lokasi sangat diperlukan untuk menunjang kesiapsiagaan tim jika terjadi hal yang tidak diinginkan,” ujar Deden.

Sebelumnya, Gunung Tangkuban Parahu mengalami erupsi pada Jumat pukul 15.48 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 200 meter di atas puncak atau sekitar 2.284 m di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan.

Gunung Tangkuban Parahu yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengalami erupsi pada Jumat (26/7), pukul 15.48 WIB. Kolom abu teramati dengan ketinggian kurang lebih 200 meter di atas puncak. ( Nandang )