by

Partai Gerindra Karawang Mulai Memanas, Ketua dan Sekretaris DPC Berebut Kursi Pimpinan DPRD

Karawang, Kabarsebelas.com – Menjelang pelantikan anggota Dewan terpilih, Ketua DPC Partai Gerindra Ajang Sopandi dan Sekertarisnya Endang Sodikin berebut kursi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang.

Sebelumnya Selasa (30/7/2019) Ketua DPC Partai Gerindra Karawang, Ajang Sopandi mengajukan SK unsur pimpinan sementara kepada Sekretariat Dewan, SK tersebut dikeluarkan oleh DPC Partai Gerindra Karawang. Kemudian hari ini Rabu (31/7/2019) Sekjen Partai Gerindra Endang Sodikin mengajukan SK untuk unsur pimpinan sementara yang dikeluarkan oleh DPD Gerindra Jawa Barat.

Ketika dimintai keterangan Agus Mulyana Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Karawang, pihaknya akan membahas kembali berdasarkan ketentuan, dan nanti akan disampaikan kepada jajaran partai bersangkutan, karena ada dua usulan dari partai yang sama untuk mengajukan unsur pimpinan sementara.

“Pengajuan sebelumnya di tandatangani Pak Ajang sebagai ketua DPC, Sementara Pengajuan dari Endang Sodikin dari DPD ditandatangi oleh Ketua DPD Jawa Barat,”Kata Agus Mulyana, Rabu (31/7/2019) di gedung DPRD Karawang.

Kemudian kata Agus, dari usulan pimpinan sementara nanti ditugaskan menerima palu untuk pelantikan anggota DPRD terpilih dan selanjutnya merekrut pimpinan definitif. Kemudian pimpinan sementara nanti membentuk fraksi fraksi dan membuat surat menyurat kepada partai politik pemenang. Karena ada dua usulan dari partai Gerindra maka dari itu akan dibahas dulu.

“Saya sebagai sekretaris dewan akan memanggil Ketua DPC dan Sekjen, apa yang menjadi regulasi kaitan ini akan saya sampaikan, dan saya akan ambil satu diantara dua yang diusulkan,”Katanya

Kemudian disampaikan Endang Sodikin Sekjen DPC Gerindra Karawang, SK usulan yang diberikan olehnya hari ini kepada Sekretaris Dewan itu soal pencabutan SK yang diberikan oleh Ketua DPC Ajang Sopandi beberapa waktu lalu.

Dirinya sebagai petugas partai hanya menjalankan perintah DPD untuk mengantarkan SK tersebut kepada sekretaris dewan.

“Jelas didalam isi surat tersebut mencabut SK yang diusulkan oleh Ketua DPC Pak Ajang beberapa waktu lalu,”Tegas Endang.

Kemudian lanjutnya, DPD dan DPP masih mengakui dirinya sebagai sekretaris DPC Partai Gerindra, dimana surat ini disampaikan sesuai prosedural disampaikan kepada sekretariat dewan sesuai amanat pasal 165 ayat (1), (2), (3), dan (4) UU no 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan PP no 12 tahun 2018 tentang tata tertib DPRD, yang isinya partai pemenang kursi pertama dan kedua menyampaikan usulan pimpinan sementara untuk memfasilitasi pansus tata tertib dam kode etik di periode awal.

Jadi jelas secara legalitas karena surat yang dikeluarkan oleh DPC Gerindra Karawang itu tidak ditandatangi oleh Sekretaris, karena ditandatangani oleh wakil 2 sekretaris yaitu Sodikin.

“jadi dia melampaui Sekretaris dan Wakil Sekretaris 1, secara legalitas cacat demi hukum,”Jelaanya

Kemudian lanjut Endang, kenapa ketua DPC tidak bicara dulu atau dirapatkan dulu jika memang dirinya masih menginginkan kursi jabatan wakil ketua DPRD.

Seharusnya kata Endang, jika ingin mengajukan unsur pimpinan dirempugkan dulu dengan fraksi dan minta tanda tangan dirinya, karena dirinya adalah masih Sekjen DPC, sementara yang berlangsung hanya subjektifitas pak Ajang saja.

“Makanya dengan kejadian tersebut DPD mengcare taker kalau menurut kewenangan saya, secara otomatis mengcare taker karena ada kesalahan mekanisme yang tidak dilalui oleh pak Ajang,”pungkasnya. (Redaksi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 comments

  1. 594028 306928Spot on with this write-up, I genuinely suppose this web site needs significantly far more consideration. probably be once much more to learn way far more, thanks for that information. 237262

  2. 187630 587751Hey man, .This was an exceptional page for such a hard subject to talk about. I look forward to reading several far more fantastic posts like these. Thanks 103275

  3. 531134 705827I enjoy the look of your site. I lately built mine and I was searching for some style tips and you gave me a couple of. May I ask you whether you developed the internet site by youself? 782083

News Feed