by

Pembangunan Di Desa Abung Jayo Terapkan Program PKT

Lampung Utara, Kabarsebelas.com – Pembangunan infrastruktur di Desa Abung Jayo Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara (Lampura), melalui anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019 dari Pemerintah Pusat, terapkan Program Padat Karya Tunai (PKT).

Pantauan Kabarsebelas.com. Selasa (6/8/2019), nampak, Camat Abung Selatan, Syahrullah bersama jajarannya didampingi Kepala Desa (Kades) Abung Jayo, Mulyadi, Tim Pendamping desa, Rudi Hartoni, Edy Wahid, M. Anugrah Putra dan Febri Arison, memantau 30 orang warga setempat, mengerjakan pembangunan jalan onderlagh.

“Alhamdulilah mas, kami bisa dapat penghasilan tambahan. Semenjak adanya Dana Desa, semua pembangunan disini, pak Kades selalu melibatkan kami,” ungkap Supriatin warga RT VI, saat sedang melakukan pekerjaan onderlagh bersama tetangganya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa (Kades) Mulyadi, memaparkan, pembangunan jalan onderlagh didesanya ada dua tipe, yakni sepanjang 2.073 meter dengan lebar 2,5 meter, terletak di Dusun Widoro Payung 1 dan 2, serta Margo Mulyo 1 dan 2, kemudian pembangunan onderlagh sepanjang 1.218 meter dengan lebar 2 meter, di Dusun Margo Mulyo 2 dan 1.

Selain onderlagh, sambung pria ahli otomotif ini, di desanya juga mengerjakan pembuatan Sumur Bor di dusun 3 dan 4 serta Dusun Margo Mulyo 1 dan 2. Gorong-gorong Plat 2 unit ukuran 5 meter di Dusun Widoro Payung 2 dan Dusun Margo Mulyo 2, kemudian gorong-gorong Plat beton dengan ukuran 5 x 4 meter di semua dusun, pembuatan drainase di Dusun Margo Mulyo 1 sepanjang 50 meter, serta paving Blok di kantor desa seluas 276 meter persegi.

“Semua kegiatan itu berdasarkan hasil Musdes, dan dalam pekerjaan alhamdulilah selalu melibatkan masyarakat, ya kebetulan warga kami banyak yang berprofesi sebagai tukang mas,” kata Kades Mulyadi disela-sela kesibukannya mendampingi camat memantau pekerjaan onderlagh.

Sementara itu, Camat Abung Selatan, mengapresiasi Kades Abung Jayo yang dapat mengkoordinir masyarakatnya turut serta membangun, sehingga program PKT dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

“Padat Karya Tunai merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan Kesejahteraan masyarakat setempat,” ujar Syahrullah. (Hapidz)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed