Pelantikan Anggota Dewan, Sekolah Diliburkan, Warga Sumedang Kecewa

Sumedang, Kabarsebelas.com – Pelantikan dan sumpah janji anggota DPRD Kabupaten Sumedang masa jabatan 2019-2024 yang dilaksanakan, Selasa (13/08/2019) pagi, sungguh amat disayangkan karena 2 sekolah favorit ikut diliburkan, yakni SMPN 4 Sumedang dan SMAN 1 Sumedang, Jawa Barat.

“Sebagai aspirasi para wakil rakyat yang baru, amat disayangkan di hari pertama diambil sumpah janjinya, meliburkan dunia pendidikan yang terdekat dengan lokasi pengambilan sumpah janji para wakil rakyat itu, yakni SMPN 4 Sumedang dan SMAN 1 Sumedang, dengan alasan menghindari kemacetan dan menetralisasi lokasi kegiatan. Hal seperti itu, nalarnya dimana?” kata warga sekitar, Sunandar, Rabu (14/08/2019).

Sehingga, para anggota legislatif itu seolah-olah tidak peka dan tidak peduli dengan dunia pendidikan, karena sangat merugikan para siswa dan orang tua siswa, sebab mereka sekolah bayar tidak gratis. Dengan diliburkannya sekolah sangatlah tidak etis dan tidak mengapresiasikan sebagai wakil rakyatnya. “Padahal, kegiatan pelantikan selesai pada pukul 11.30 WIB,” ucapnya lagi.

Oleh karena itu, seharusnya walaupun pengambilan sumpah janji anggota legislatif DPRD Kabupaten Sumedang dilaksanakan sistem pendidikan pun yang dekat dengan lokasi kegiatan tetap berjalan seperti biasanya.

Sehingga, tidak ada yang dirugikan satu sama lainnya. Di mata para legislatif, dunia pendidikan tidaklah penting, melainkan lebih penting dengan pengambilan sumpah janji para wakil rakyat itu.

“Kalau kayak gini siapa yang bersimpati lebih mengutamakan kepentingan para wakil rakyat daripada dunia pendidikan. Padahal, walaupun dengan tidak diliburkannya sekolah tidak akan mengganggu jalannya acara pengambilan sumpah jannji anggota dewan terpilih,” tukasnya.

Maka dari itu, dari pihak pemerintahan setempat dan dinas terkait harus lebih mengkaji ulang dalam kegiatan pengambilan sumpah anggota DPRD ke depannya, sehingga pendidikan pun terus berjalan tidak diliburkan seperti ini. (Indra)