Singgah di Karawang, Samsudin Dongeng Depan Pelajar

Karawang, Kabarsebelas.com – Samsudin (47) relawan pendongeng asal Indramayu, sempat singgah dan mempraktekan dongeng tentang pentingnya konservasi hewan dan hutan kepada anak sekolah Sekolah Menengah Atas (SMK) di Karawang, Jawa Barat, Selasa (13/08/2019) kemarin. Hal itu dilakukan sebelum dirinya melanjutkan perjalanan ke Jakarta untuk bertemu Jokowi dan Ibu Iriana.

Dia bercerita manusia untuk bertahan hidup memerlukan makhluk hidup lain, yaitu tumbuhan dan hewan. Banyak sekali manfaat tumbuhan bagi manusia baik sebagai bahan pangan, kesehatan atau lainnya. Begitu juga dengan hewan, keduanya memiliki kedudukan yang sama penting untuk memenuhi kebutuhan manusia. Keberadaan hewan di bumi banyak memberikan manfaat dan keuntungan bagi kehidupan manusia.

“Hewan langka mengalami kepunahan karena manusia tidak mengerti akan kehidupan hutan dan hewan,” kata Samsudin, depan siswa.

Nico, pelajar kelas 12 SMAN 1 mengatakan, sangat terkesan dengan cerita yang disampaikan oleh pendongeng keliling yang sempat singgah dan mau bercerita tentang kepunahan binatang langka dan pentingnya kelestatian alam bagi kehidupan manusia.

“Walaupun hanya sepintas, tetapi cerita yang disampaikan tentang pentingnya kelestarian alam bagi kehidupan manusia ” tandas Nico.

Wawasan tentang alam, kata Nico, bertambah secara panjang lebar dan lebih mendetail sebagai tambahan pelajaran di sekolah.

“Alam dengan segala isinya penting buat kehidupan manusia sehingga kita tidak boleh merusak alam,” pungkasnya. (Nand)