by

Dengan Modal Swadaya, Forum Pemuda Pagadungan Bedah Rumah Warga

Karawang, Kabarsebelas.com – Walaupun Pemkab Karawang memiliki program perbaikan rumah tidak layak huni (Rutilahu), dengan persyaratan administratif dan terbatasnya anggaran sehingga masih banyak rumah yang belum bisa diperbaiki.

Atas hal tersebut Forum pemuda dusun V Pagadungan Desa Purwasari, Kecamatan Purwasari, mengambil inisiatif untuk membantu warga dengan melakukan bedah rumah, di kampung Pagadungan Rt 03/06 Desa Purwasari, Kecamatan Purwasari, Karawang.

“Bedah rumah milik pak Saman ini adalah kegiatan perbaikan rumah yang keempat tanpa adanya biaya dari pemerintah daerah,” ucap Ketua Forum pemuda Dusun V Pagadungam, Desa Purwasari, Yusep Alamsyah, saat diwawancatai Kabarsebelas.com usai bedah rumah, Kamis (15/8).

Dia mengatakan, biaya untuk bedah rumah ini murni dari swadaya masyarakat khususnya para pemuda di Desa Purwasari yang peduli pada nasib masyarakat sekitar yang membutuhkan.

“Uangnya buat perbaikan rumah dari patungan para pemuda dan mendapat sekitar Rp 8 juta,” jelasnya.

Diharapkan, gerakan bedah rumah ini bisa dicontoh oleh generasi muda lainnya, untuk membantu masyarakat. Sebab jika menunggu program pemerintah itu memerlukan birokrasi yang panjang dan lama.

“Jika bisa dilakukan sekarang, kenapa harus menunggu Pemda? Sebab kalau bukan kita siapa lagi?,” katanya.

Sementara itu, pemilik rumah yang dibedah, Saman mengaku sangat mengapresiasi bantuan bedah rumah dari para pemuda ini. Sebab kondisi rumahnya memang sudah tak layak huni.

“Sebenarnya saya juga ingin memperbaiki rumah, tapi biaya buat sehari-hari saja masih sulit,” kata Saman yang bekerja serabutan ini.

Bapak dari 5 anak ini mengaku, kondisi rumahnya sudah tak layak berlangsung sudah lima tahun dan beruntung masih ada generasi muda yang peduli padanya.

“Saya sangat berterimakasih pada mereka (Forum Pemuda Desa Purwasari) bisa memperbaiki rumah saya,” pungkasnya. (Amoy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 comments

News Feed