by

Disdukcapil Karawang Targetkan Pembuatan KIA untuk 39 Ribu Anak

Karawang, Kabarsebelas.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Karawang mengklaim, sudah melakukan pencetakan 14 ribu Kartu Identitas Anak (KIA) khusus untuk siswa SMP di Karawang.

Saat ini, pihaknya sedang menyiapkan program bayi yang baru lahir sudah memiliki KIA atau KTP anak.

Kadisdukcapil, Yudi Yudiawan mengatakan, program KIA atau KTP anak pihaknya sudah mencetak 14 ribu KIA untuk siswa SMP dari kelas 1 sampai kelas 3. Untuk pendistribusiannya, Disdukcapil bekerjasama dengan Disdikpora. “Kami akan mencetak KIA untuk anak SD dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 di tahun 2020,” ucap Yudi saat ditemui di kantornya, di komplek Plaza Pemkab Karawang, Jalan Raya By Pass, Kabupaten Karawang, Jawa Bart, Senin (19/08/2019).

Dirinya mengatakan, saat ini pihaknya juga sedang menyiapkan KIA bagi bayi yang baru lahir sudah disiapkan di RSUD Karawang. Dan untuk sementara, bakal diterapkan di Kecamatan Karawang Barat dulu.

“Kita bakal membuat pilot projek di Karawang Barat dan bekerjasama dengan 10 rumah sakit. Nanti launchingnya dilakukan pada saat HUT Karawang,” katanya.

Kadisdukcapil Karawang, Yudi Yudiawan.

Yudi menyebutkan, Disdukcapil bekerjasama dengan Diskominfo, untuk membuat aplikasi antrian. Jadi, masyarakat yang ingin mengambil KTP maupun KIA bisa mengecek di Hp-nya masing-masing.

“Tak hanya itu, tandatangan KTP dan KIA juga sudah digital, jadi pelayanan bisa dilakukan di kecamatan,” terangnya.

Manfaat KIA sendiri, lanjutnya, bagi anak bisa mendapat diskon ketika belanja di Gramedia dan masuk mendapat diskon ke wahana Wonderland Karawang.

“KIA sendiri berlaku sampai usia 16 tahun, sebab ketika usia 17 tahun itu sudah wajib memiliki KTP,” kata Yudi.

Dirinya menambahkan, bagi masyarakat yang ingin membuat KIA, bisa mendaftar ke sekolah masing-masing agar tidak ada penumpukkan persyaratan di Disdukcapil.

“Kami menargetkan pembuatan KIA ini untuk 39 ribu anak, sebab sarana dan prasarana kami sudah siapkan,” pungkasnya. (Amoy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 comments

  1. 924250 548032More than and over once again I consider these concern. As a matter of fact it was not even yesterday that I last thought about it. To be honest, what is your thought though? 448365

  2. 279204 2031Keep up the great piece of work, I read couple of posts on this internet web site and I feel that your internet weblog is truly intriguing and contains lots of superb information. 235814

  3. 98226 373914Hi, you used to write outstanding articles, but the last several posts have been kinda boring I miss your super writing. Past several posts are just just a little out of track! 149023

News Feed