by

Diteksi dan Mengenali Penyakit Kusta Sejak Dini

Karawang, Kabarsebelas.com – Mendeteksi atau pencarian bercak pada kulit guna penemuan Kusta secara dini. Kadang bercak putih di kulit seringkali dianggap sebagai panu bahkan disepelekan oleh sebagian besar masyarakat. Tetapi bercak putih tersebut bisa jadi bukanlah panu, melainkan gejala awal kusta, yang bila dibiarkan bisa mengakibatkan kebutaan, bahkan kecacatan.

Kegiatan dari Dinkes (Dinas Kesehatan) Karawang ini bertujuan untuk meminimalisir terhadap masyarakat yang mempunyai penyakit Kusta. Sebab, penyakit ini mendapat perhatian yang serius dari pemerintah sampai dengan penyembuhan.

Petugas P2 Puskesmas Purwasari, H Agus Isnaeni (51) mengatakan, kita terus melakukan pengecekan pada kulit dan penyuluhan kepada masyarakat terhadap penyakit kusta sebab penyakit kusta adalah penyakit menular menahun yang menyerang syaraf tepi dan kulit.

“Kusta disebabkan oleh kuman Kusta (Mycobacterium kusta/lepra) serta penularannya bisa langsung secara terus menerus, ada dua jenis kusta antara lain, kusta kering atau pausi basiler (PB) dan kusta basah atau multi basiler (MB),” ucap Agus saat di wawancarai Kabarsebelas.com, usai pemeriksaan masyarakat di Desa Karangsari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Jumat (23/08/2019).

Petugas P2 Puskesmas Purwasari Tengah Periksa Kaki Warga Kenali Penyakit Kusta.

Dia menjelaskan, penyakit Kusta PB pengobatannya dilakukan selama enam bulan secara berturut, sedangkan penyakit Kusta MB pengobatannya dilakukan selama satu tahun.

“Saya menghimbau kepada masyarakat yang mempunyai penyakit kusta jangan pernah malu dan ragu datang untuk berobat sebab kusta bisa disembuhkan,” tuturnya.

Dikatakan Agus, pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan serta penyuluhan terhadap masyarakan guna melakukan pencegahan penyakit kusta serta penyembuhan secara total. Saat ini di Purwasari dapat dua desa yang kita kunjungi antara lain Desa Telagasari dan Desa Karangsari Kecamatan Purwasari, Karawang.

“Telagasari ada sekitar 30 orang yang kita periksa dan dua orang positif terjangkit Kusta dan saat ini sedang dilakukan pengobatan,” pungkasnya. (Amoy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

News Feed