by

Bahas Ketenagakerjaan, Staff Direksi Wakayama Jepang Kunjungi Sumedang

-Ekbis-73 views

Sumedang, Kabarsebelas.com – Staf Direksi Provinsi Wakayama, Jepang, Hiroshima berkunjung ke Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (30/08/2019), terkait balasan mereka atas kunjungan Bupati Sumedang, H. Doni Ahmad Munir, beberapa bulan lalu. Tamu kenegaraan ini tiada lain membahas atas ketenagakerjaan yang pernah didiskusikan di Wakakayama.

Sambutan adat budaya ketimuran, Hiroshima diperkenankan menunggangi kuda renggong menuju Gedung Negara Pemkab Sumedang dan berkomunikasi bersama para kepala SKPD di Gedung Negara Jalan Prabu Geusan Ulun No. 9, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Bupati Sumedang, H. Doni Ahmad Munir mengucapkan terima kasih atas kunjungan balasan kepada Direksi Wakayama, Jepang, Mr. Hiroshima beserta rombongan.

“Selama dua pekan kedepan, kita akan perkenalkan daerah-daerah di Sumedang yang berpotensi seperti Cipanas Congeang dan obyek wisata lainnya dan sebagai fokus kita akan perlihatkan wahana bendungan Waduk Jatigede dan kita referensikan tentang kawasan ekonomi,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Doni, dirinya menawarkan pembangunan kampung di Sumedang. Tatkala orang berkunjung dan berwisata di sini sudah ada kampungnya dan sebaliknya. Begitu juga Sumedang harus memiliki Kampung Sumedang di Wakayama, Jepang sana.

Di samping itu, dalam kesempatan bertatap muka, Hiroshima sebagai Staff Direksi Provinsi Wakayama di jepang mengatakan, dirinya sangat terkesan dengan sambutan atas kedatangannya ke Sumedang dengan adat budaya tradisional Kuda Renggong. Dan kunjungannya ini selama 2 pekan untuk mengunjungi wilayah Sumedang.

“Terkait dengan MoU yang sudah disepakati untuk tenaga kerja di bidang kesehatan, itu sudah dibicarakan dengan Kemnaker Indonesia kemarin di Jakarta,” ucap Hiroshima melalui translatornya.

“Wakayama Jepang sudah siap menerima tenaga kerja di bidang pariwisata juga tenaga medis untuk merawat warga Jepang yang sudah tua atau jompo,” sambungnya.

Selain itu, dirinya juga di Jepang akan kedatangan Bupati Sumedang sangat ditunggu kembali dan pasti akan disambut dengan acara budaya tradisional dan membahas kelanjutan kerjasama.

Kedatangan Hiroshima ke Kabupaten Sumedang setelah berdiskusi bersama pemerintah daerah, kunjungan itu dilanjutkan dengan mendatangi Museum Prabu Geusan Ulun dan diteruskan ke Gunung Konci. (Deni)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed