by

Berikut Nama Desa Di Lampura Ikuti Bimtek BumDes DPMD Provinsi Lampung

Lampung Utara, Kabarsebelas.com – Sebanyak 30 desa dari 3 Kecamatan di Kabupaten Lampung Utara mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) tahun 2019, di Graha Wisata Hotel, Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampura, Lampung Utara, Kamis (05/09/2019).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Lampung bekerjasama dengan DPMD Kabupaten Lampung Utara, dihadiri oleh Tim Pendamping Kecamatan, dan Pendamping desa serta Kepala Desa Wonomarto, Waskito sekaligus menjabat Komisaris BUMDes Swadesa Artha Mandiri selaku pemateri dalam acara tersebut.

“Kegiatan ini merupakan upaya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa melalui pengembangan Badan Usaha Milik Desa. Sekaligus untuk memberikan masukan-masukan dan menambah wawasan para pengurus BumDes,” ungkap Kepala DPMD Provinsi Lampung, Saiful Dermawan, usai membuka acara tersebut.

Saiful berharap, dengan dilaksanakan kegiatan ini, sehingga akan membawa perubahan yang baik dan berkembangnya BUMDes di Bumi Ragem Tunas Lampung.

“Dengan adanya kegiatan Bimtek ini, saya berharap BumDes yang ada di Lampung Utara akan lebih maju dalam perkembangannya kedepan,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu pemateri atau motivator kegiatan sekaligus Komisaris BUMDes Swadesa Artha Mandiri Desa Wonomarto Kecamatan Kotabumi Utara, Waskito menjelaskan bahwa kehadirannya guna diminta untuk memberikan motivasi kepada para peserta Bimtek diikuti oleh 30 desa dari 3 kecamatan, yakni Abung semuli, Blambangan Pagar dan Abung Selatan.

“Jadi, kami sebagai pemateri atau pemberi motivasi mengajak teman-teman BumDes di Lampung Utara tetap semangat, gali potensi di masing-masing desa dan membangun BumDes untuk kesejahteraan masyarakat desa,” kata Waskito.

Pria yang menjabat Kepala Desa Wonomarto ini juga memaparkan guna menyerap aspirasi dari desa se-Lampung Utara untuk memajukan BumDes, maka ia bersama Pemkab Lampura akan membentuk suatu wadah ditahun 2020 mendatang.

“Insya Allah ke depan bersama pihak Kabupaten akan kita bentuk Asosiasi BumDes Lampung Utara, mudah-mudahan terwujud sehingga bisa mengakomodasi kepentingan kepentingan untuk peningkatan BumDes di Lampung Utara,” ujarnya.

Adapun 30 desa yang mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen pengelolaan BumDes tahun 2019, yakni Kecamatan Abung Selatan terdiri dari 16 desa, diantaranya Desa Trimodadi, Cabang Empat, Sinar Ogan, Kalibalangan, Gilih Sukanegeri, Candi Mas, Kembang Tanjung, Abung Jayo, Kembang Gading, Ratu Abung, Bandar Kagungan Raya, Bumi Raya, Kemalo Abung, Cabang Abung Raya, Kalibening Raya, dan Way Lunik.

Kecamatan Abung Semuli terdiri dari Desa Suka Maju, Semuli Raya, Semuli Jaya, Papan Asri, Gunung Keramat, Sido Rahayu dan Gunung Sari. Untuk Kecamatan Blambangan Pagar terdiri dari Desa Pagar, Blambangan, Jagang, Tanjung Iman, Tulung Singkip, Pagar Gading, Buring Kencana. (Hapidz)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed