Warga Jatigede Tuntut Ganti Rugi Kepemilikan Tanah dan Rumah yang Belum Usai

Sumedang, Kabarsebelas.com – Forum Komunitas Orang Terkena Dampak (OTD) Waduk Jatigede, berunjuk rasa di depan gerbang IPP Pemkab Sumedang Jalan Prabu Gajah Agung No.9, Pemkab Sumedang, Jawa Barat, Rabu (04/09/2019).

Mereka menuntut 6 poin ketegasan dari Pemkab Sumedang mengenai ganti rugi kepemilikan tanah dan bangunan yang terkena dampak waduk Jatigede.

Koordinator Lapangan, Rohmat Hidayat mengatakan dalam orasinya, warga Jatigede ini menuntut hak ganti rugi kepemilikan yang belum selesai baik dari bangunan dan tanah terlewat, atas OTD yang sampai saat ini belum memiliki tempat tinggal.

“Pemkab dituntut OTD, harus bisa mendorong menyelesaikan hak warga yang saat ini telah mendapatkan putusan Pengadilan Negeri Sumedang tentang kompensasi,” tuturnya.

Selain itu, hak pemanfaatan zona pengairan untuk pemulihan ekonomi, pemanfaatan ruang umum, sosial dan budaya serta pembenahan, juga penanganan situs cagar budaya yang terkena dampak pembangunan waduk Jatigede baik yang belum dipindahkan maupun yang sudah.

“Atas semua itu, kami selaku OTD jelas dan tegas meminta kepada Bupati Sumedang, membuat pernyataan secara tertulis dan terikat menyelesaikan segala permasalahan,” pungkasnya. (Deni/Indra)