by

Unit Dikyasa Sat Lantas Polrestro Bekasi Berikan Dikmas/Binluh Kepada Siswa SMKN 2 Cikbar

-Hukrim-98 views

Bekasi, Kabarsebelas.com – Unit Dikyasa Sat Lantas Polres Metro Bekasi menggelar kegiatan pendidikan masyarakat (Dikmas) atau pembinaan dan penyuluhan (binluh) tentang tata tertib berlalu lintas di jalan raya dalam rangka Ops Patuh Jaya 2019 di SMKN 2 Cikarang Barat, Jalan Fatahillah No.1A RW 04 Desa Kalijaya Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi Jawa Barat, Jumat (06/09/2019) pagi.

Kegiatan Dikmas/binluh tersebut dihadiri oleh Kasubnit Dikyasa, IPDA Asep Saepulloh bersama dan anggota, Guru Kesiswaan SMKN 2 Cikbar, Gunawan, beserta jajarannya, dan dihadiri juga oleh 300 siswa-siswi SMKN 2 Cikarang Barat.

Dalam kegiatan tersebut Kasubnit Dikyasa memberikan materi tentang tata tertib yang baik dan benar di jalan raya serta mensosialisasikan 8 penindakkan dalam OPS Patuh Jaya 2019 yang sedang digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia.

IPDA Asep mengatakan, siswa-siswi di sekolah-sekolah terutama SMA/SMK yang usianya 17 tahun dan sudah diperbolehkan dalam berkendara untuk selalu mentaati tata tertib berlalu lintas agar terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban di jalan raya (Kamseltibjar) lantas di wilayah Kabupaten Bekasi utamanya.

8 (delapan) penindakkan tersebut, di antaranya pengendara motor yang tidak menggunakan helm, melawan arus/arah, tidak menggunakan perlengkapan kendaraan seperti plat nomor atau kaca spion, berboncengan lebih dari dua, tidak menggunakan lampu utama, bermuatan lebih, tidak menggunakan sit belt untuk pengendara roda 4, dan bagi kendaraan yang menggunakan lampu strobo/rotator.

Penindakkan kali ini sebagai upaya penguatan edukatif kepada masyarakat. Asep berharap, pengendara dapat berkendara dengan selamat dan aman, khususnya bagi siswa-siswi SMKN 2 Cikbar.

Kasubnit Dikyasa Sat Lantas Polres Metro Bekasi, IPDA Asep Saepulloh saat Memberikan Dikmas/Binluh Kepada 300 Siswa-siswi SMKN 2 Cikarang Barat.

“Memang ini kita lakukan penindakkan yang edukatif ya. Seperti yang sudah saya sampaikan bahwa kegiatan preventif dan promotif itu sudah kita lakukan. Karena jajaran sudah melakukan operasi keselamatan,” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama perwakilan dari guru kesiswaan mengucapkan terima kasih banyak dengan adanya kegiatan sosialisasi tentang tata tertib berlalu lintas kepada para siswa-siswinya tersebut.

“Karena di dalam pelajaran di sekolah belum adanya kurikulum mengenai tentang tata tertib berlalu lintas, makanya sekolah sangat mengapresiasi kegiatan tersebut,” ujar Gunawan.

Dengan kegiatan ini, sambungnya, bagi para siswa-siswi yang mengunakan sepeda motor saat berangkat ke sekolah maupun di luar sekolah agar bisa selalu mematuhi tata tertib berlalu lintas saat berkendara di jalan raya, untuk selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan raya.

“Karena sekarang sedang berlangsung OPS Patuh Jaya, ya seharus lebih patuh dalam berlalu lintas agar tidak melanggar dan tidak menimbulkan kemacetan dan kecelakaan. Sehingga, selamat sampai tujuan,” pungkasnya. (Fajar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed