by

Program PKK TOT Mother Tingkatkan Kesehatan Ibu dan Anak

Karawang, Kabarsebelas.com – Tim Pembina (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Karawang bersama PT Unilever Indonesia menyelenggarakan kegiatan Training Of Trainers (TOT) Mother Programme kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kesehatan ibu dan anak.

Ketua TP PKK Kabupaten Karawang, Ida Zamakhsyari mengatakan, implementasi 7 pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Karawang.

“Adapun tujuh pembiasaan itu diantaranya, CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), Makanan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman, Minum Air Bebas Kuman, Sikat Gigi Pagi dan Malam, Kamar Mandi Bersih dan Higienis, Kelola Sampah Rumah dan Cegah DBD (Demam Berdarah) Dengan Gerakan 3 M Plus,” ujar Ida saat melakukan kegiatan di Ballroom RS. Mandaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019) lalu.

Ketua TP PKK Kabupaten Karawang Sekaligus Istri dari Wakil Bupati Karawang, Ida Zamakhsyari (Kanan).

Dikatakan Ida, kasus stunting di Karawang pun dapat ditekan dengan mengimplementasikan kebiasaan. “Terhambatnya pertumbuhan tubuh dan otak akibat kekurangan gizi. Hal ini terjadi karena pola asuh dan pola asupan gizi yang kurang baik yang mengakibatkan Stunting yakni kondisi gagal pertumbuhan pada anak,” katanya.

Selain itu, lanjut Ida, seraya berpesan kepada seluruh peserta dapat mengikuti TOT Mother Programme dengan sungguh-sungguh. Ia pun berharap agar ilmu yang didapatkan dapat kembali disampaikan kepada masyarakat desa.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada TP PKK Pusat dan PT Unilever yang telah menjadikan Kabupaten Karawang sebagai lokus TOT Mother Programme, dalam upaya pencegahan stunting. Dan kepada 100 kader posyandu yang mengikuti kegiatan hari ini, tolong simak baik-baik apa yang dijelaskan narasumber. Saya berharap, apa yang dipelajari dapat diimplementasikan kemabali di daerah masing-masing,” pungkasnya. (Amoy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed