Para Pelaku Curas Dicomot Polisi di Lapas Sukamiskin, Bandung

Bekasi, Kabarsebelas.com – Unit Reskrim Polsek Cikarang Selatan, Polres Metro Bekasi yang dipimpin Kanit Reskrim, Iptu Jefri, melakukan penangkapan terhadap 3 pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Jumat (13/09/2019) lalu.

Penangkapan itu berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/64/05-Ciksel/K/I/2018/Restro bks tanggal 25 Januari 2018, oleh korban atas nama Uneng Didi Hasanuddin (43) yang merupakan warga Kampung Sindang Jaya RT 16/04 Desa Cijantung, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Kasubbag Polres Metro Bekasi, AKP Sunardi memaparkan, kejadian berawal pada Rabu (24/01/2018) malam, korban berangkat dari PT Unilever Jababeka, Cikarang Utara, dengan mengendarai truk Wing Box warna biru No.Pol B 9390 ZY milik PT Prima Jaya Inti Perkasa yang berisi 30 falet kecap cap bango kemasan botol senilai Rp700 juta rupiah.

“Namun, saat melintas di TKP, korban diberhentikan oleh para tersangka yang saat itu menggunakan mobil Toyota Avanza hitam yang dikemudikan oleh tersangka Matdulloh alias Dulloh (27) dengan alasan, bahwa korban telah menyerempet mobil para tersangka,” beber AKP Sunardi, di Makopolres Metro Bekasi, Jawa Barat, Kamis (19/09/2019) pagi.

Kejadian tersebut, lanjut AKP Sunardi, terjadi di Fly Over Jalan Tegal Gede Desa Pasir Sari, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Lalu, korban mencoba turun dari kendaraannya, namun dua tersangka lainnya, yakni Misri Johari alias Cakur (29) dan Agus (DPO) turun dari mobilnya dan menyuruh korban masuk dari pintu samping yang kemudian tersangka Sakirin alias Kirin (30) juga turun dari mobilnya dan mengambil alih truk Wing Box yang dikemudikan korban.

“Di dalam perjalanan, korban diikat dan dilakban matanya. Selanjutnya, di wilayah Padalarang, Kabupaten Bandung, korban diturunkan dari mobil truk Wing Box oleh para tersangka. Truk yang dikemudikan tersangka Sakirin dibawa ke wilayah Ranca Ekek Bandung, dan di lokasi tersebut 30 falet kecap bango kemasan botol diturunkan para tersangka dan dijual kepada Deny Hadian senilai Rp150 juta. Lalu hasil dari penjualan itu dibagi 4 oleh para tersangka,” beber Kasubbag.

Sementara, nasib korban yang dibuang di wilayah Padalarang oleh para tersangka, saat itu ditemukan oleh warga setempat. “Dan atas kejadian tersebut, korban melaporkan kejadian itu ke Polsek Cikarang Selatan. Setelah mendapat laporan tersebut, Unit Reskrim Polsek Cikarang Selatan melakukan penyelidikan dimana Truk Wing Box warna biru merek Mitsubishi ditemukan di wilayah Ranca Ekek Bandung dan petugas kepolisian melakukan penyitaan terhadap kendaraan tersebut,” katanya.

AKP Sunardi menambahkan, para tersangka sempat diamankan dan diperiksa oleh Subdit Ranmor Polda Jabar pada tanggal 19 Februari 2019, sebab kejadian tersebut. Namun dari ketiga tersangka yang diamankan, tersangka Agus menjadi DPO.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 365 KUHP dengan ancaman pidana paling lama sembilan tahun penjara. (Fajar)