Inspektorat Lakukan Monev Di Desa Kalibalangan

Lampung Utara, Kabarsebelas.com – Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa disebutkan secara tegas bahwa Pemerintah Kabupaten yang dalam hal ini Inspektorat berperan mengawasi pengelolaan keuangan desa dan pendayagunaan aset desa.
Selain itu, inspektorat berperan juga dengan melakukan pembinaan dan pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan wewenang ini diperkuat dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa pasal 44 Ayat (2).
Atas dasar sejumlah aturan tersebut, Tim Inspektorat Lampung Utara, melalui Patoni, SE, MM selaku Inspektur pembantu wilayah (Irbanwil) I melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Dana Desa (DD) tahun 2019, guna meninjau, mengawasi dan membina baik pekerjaan fisik maupun administrasi di Desa Kalibalangan Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampura. Kamis (19/9/2019).
Usai melakukan Monev di Desa Kalibalangan, Tim Inspektorat Lampura kepada media ini mengungkapkan dalam penyerapan dana 20 persen di Desa Kalibalangan telah berjalan sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB).
“Untuk hasil pengawasan dan pembinaan, kami dari tim inspektorat Lampung Utara di Desa Kalibalangan terkait pembangunan desa yang dananya bersumber dari dana desa untuk termin 20 persen telah dilaksanakan sejumlah pekerjaan fisik,” ungkap Patoni.
Irbanwil I, ini juga berharap agar kedepannya dalam hal perencanaan pembangunan dapat dilaksanakan secara cermat agar pelaksanaan tersebut tidak keluar dari aturan yang ada.
Sementara itu, Kepala desa (Kades) Kalibalangan, Ahmad Husin memaparkan sejumlah pembangunan fisik menggunakan 20 persen pertama, sesuai dengan Musyawarah desa (Musdes).
“Untuk pengelolaan DD telah kita laksanakan sesuai dengan aspirasi masyarakat melalui hasil Musdes dengan pekerjaan fisik diantaranya, pembuatan jalan telpord, Siring pasang, rabat beton, sumur bor dan paving blok. Alhamdulillah tadi juga telah selesai pemeriksaan dari tim inspektorat dan kami bersyukur artinya inilah suatu bentuk pembinaan agar kami lebih baik lagi ke depan,” papar Husin.
Dalam kesempatan tersebut, Kades yang memiliki slogan Bolat Sai Mangi Wawai, mengucapkan terimakasih atas pembinaan yang dilakukan oleh tim inspektorat Lampura.
“Kami ucapkan ribuan terima kasih kepada tim inspektorat yang telah memberikan pembinaan, arahan dan masukan pada kami di desa, demi kebaikan pelaksanaan dana desa yang ada di desa kalibalangan,” ucap Ahmad Husin. (Hapidz)