by

Muskab VIII 2019, Apindo Berkontribusi dalam Pengembangan SDM

-Ekbis-155 views

Bekasi, Kabarsebelas.com – Seluruh perusahaan yang tergabung ke dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kabupaten Bekasi diminta menciptakan hubungan industrial yang kondusif antara pemerintah dan pekerja. Hal itu dikatakan Ketua APINDO Kabupaten Bekasi, Sutomo seusai terpilih dalam Muskab VIII 2019 DPK APINDO Kabupaten Bekasi, yang digelar di Aula SMK Mitra Industri MM 2100 Jalan Kalimantan, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (19/09/2019) sore.

Sutomo yang terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Apindo 2019-2024 mengatakan, beberapa program yang belum berjalan di periode sebelumnya terkait dengan masih minimnya pemahaman perusahaan terkait perkembangan ekonomi dan penerapan industri 4.0.

“Kita merasa bahwa senantiasa ada ketertinggalan-ketertinggalan itu terus. Tentunya kepada kepengurusan kita kedepan nantinya, sangat berbasis pada apa-apa yang sebelumnya telah dilakukan,” ujarnya.

Oleh karena itu, di periode selanjutnya Apindo memiliki peran agar anggotanya mampu menyelaraskan. Hal itu termasuk menciptakan hubungan industrial yang bernilai luhur pancasila serta berkontribusi dengan warga sekitar.

Sutomo menambahkan, yang menjadi tantangan kedepan, dari organisasinya itu juga terkait dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang paham mengenai revolusi industri 4.0. Oleh karena itu, pelatihan juga akan dilakukan dalam menyongsong berkembangnya teknologi di perusahaan.

Ketua Apindo Kabupaten Bekasi (Terpilih Secara Aklamasi) Periode 2019-2024, Sutomo.

Selain itu, pemerintah juga didorong mempermudah regulasi perizinan agar tidak menyulitkan pelaku usaha.

Dalam kesempatan yang sama, hal senada dikatakan salah satu pengusaha di Kawasan Industri MM 2100, Darwoto. Dirinya berharap, kepada kepengurusan Apindo kedepannya, agar program-program yang sudah bagus yang sudah dilaksanakan dalam lima tahun terakhir ini dapat dilanjutkan. Terlebih dengan tantangan kedepan.

“Tantangan kedepan ini sangat kompleks sekali. Di era revolution 4.0 banyak yang harus kita lakukan. Kemudian, di tahun depan ini kita juga menghadapi resesi global dan perlu juga kita sikapi bersama,” kata Darwoto.

Oleh karenanya dalam proses lima tahun kedepan, ada hal yang harus kita tingkatkan. “Kuncinya satu, yakni bidang pelatihan. Kita tahu pemerintah sedang mencanangkan bagaimana periode kepemimpinan nasional akan fokus dalam pengembangan SDM. Di sinilah peran Apindo, dalam berkontribusi terhadap pengembangan SDM itu sendiri, baik di perusahaan masing-masing dengan melakukan sistem yang lebih matang dan efisien dengan melakukan pelatihan-pelatihan,” imbuhnya.

Maka, sambung Darwoto, apa yang akan dilakukan oleh pemerintah pusat, bahwa akan menyediakan regulasi, sehingga regulasi ini akan memudahkan investor masuk di Indonesia.

“Dari sisi ini kita bekerja melihat peluang-peluang yang kita bisa memaksimalkan untuk itu sendiri,” pungkasnya. (Fajar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 comments

  1. Wonderful beat ! I wish to apprentice while you amend
    your website, how can i subscribe for a blog site? The account helped me a acceptable
    deal. I had been a little bit acquainted of this your
    broadcast offered bright clear idea

  2. Hey! I just wanted to ask if you ever have any issues with hackers?

    My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing a few
    months of hard work due to no data backup. Do you have any solutions to protect against hackers?

News Feed