by

Wakil Ketua DPRD Jabar dari Fraksi PDIP, Lakukan Audensi dengan Demonstrans Terkait Penambangan

Bandung, Kabarsebelas.com – Masa yang tergabung dalam Komunitas Peduli Lingkungan Gunung Geulis Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, melakukan demonstrasi ke gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Kamis (19/09/2019).

Masa yang diperkirakan berjumlah puluhan orang tersebut menuntut dan mendorong pemerintah untuk segera menertibkan kegiatan penambangan tanah dan ruang terbuka hijau yang dilakukan satu perusahaan di kawasan Desa Jatimukti dan Desa Jatiroke, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Warga menduga bahwa penambangan yang dilakukan oleh salah satu perusahaan merusak ekosistem Gunung Geulis yang merupakan lahan konservasi.

Koordinator Aksi, Obi Haliman menjelaskan, kegiatan perusakkan alam di kawasan tersebut diduga menyalahi aturan.

“Kami menuntut kepada pihak DPRD dan pemerintah segera menangani masalah ini. Semua warga merasa geram terhadap perusahaan PT KHT yang sudah melakukan penambangan tanah di kawasan Gunung Geulis.

“Kami meminta kepada pemerintah yang dalam hal ini, eksekutif dan legislatif, harus segera melakukan penyelidikan terhadap perusahaan yang diduga melakukan penambangan dan segera menindak tegas, baik yang bersifat administratif maupun sanksi pidananya kepada perusahaan tersebut, agar tidak terjadi kerusakkan yang lebih parah terhadap kawasan ekosistem Gunung Geulis,” tukas Obi.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi yang mengetahui aksi tersebut, mengajak para demonstrans untuk beraudensi agar nantinya bisa disampaikan keinginan dan keluhan warga yang berada di kawasan Gunung Geulis kepada pimpinan DPRD dan bisa ditindak lanjut oleh pemerintah provinsi.

“Saya selaku Wakil Ketua dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Barat, sangat mengapresiasi atas kepedulian warga yang tergabung dalam Komunitas Peduli Lingkungan Gunung Geulis Jatinangor Sumedang. Terhadap isu-isu lingkungan hidup, terkait keinginan dan keluhan serta data-data yang diterima. Kami akan melakukan kajian terlebih dahulu untuk menentukan langkah selanjutnya,” ucap Ineu.

“Kami menilai bahwa kami dari DPRD dan masyarakat setelah beraudensi telah melakukan pelestarian lingkungan hidup secara bersama-sama,” pungkasnya. (Red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 comments

  1. 742676 69141Thank you pertaining to giving this outstanding content on your web-site. I discovered it on google. I may possibly check back once again should you publish extra aricles. 159687

News Feed