by

Difasilitasi DPRD Karawang, PT Asiatek Sepakat Akan Akomodir Tuntutan GSBI

-Lainnya-181 views

Karawang, Kabarsebelas.com – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang memfasilitasi pertemuan antara serikat buruh GSBI dengan PT Asiatek di ruang rapat 1 DPRD Karawang, Senin (7/10/2019)

Ketua Komisi IV DPRD Karawang Asep ‘Ibe’ Saepudin mengatakan, hasil dari pertemuan antara serikat buruh GSBI dengan PT Asiatek dimana dihadiri oleh HRD dan kuasa hukum Perusahaan. Ada tiga poin tuntutan yang disampaikan oleh GSBI. Yang pertama kebebasan berserikat tanpa adanya intimidasi terhadap tenaga kerja dalam bentuk apapun, yang ke dua, penangguhan upah yang tidak sesuai UMK Kabupaten Karawang, dan yang ke tiga, tentang buruh yang sudah lama bekerja namun perusahaan tidak mengangkat sebagai pekerja tetap.

“Tiga poin itu Kemudian kita bedah dengan pihak serikat, Disnaker dan pihak perusahaan, pihak Perusahaan menyampaikan dan berniat baik, bahwa pihak perusahaan akan mengevaluasi apabila ada tindakan atau kebijakan yang dikeluarkan oleh Perusahaan ada indikasi intimidasi,”Ujar Asep Ibe, Senin (7/10/2019) di Gedung DPRD Karawang.

“salah satunya temen temn GSBI ada yang di pindahkan dan di demosi kemudian ada yang di mutasi ketempat tempat yang tidak sesuai dengan kompetesinya padahal mereka sudah bekerja. Secara otomatis dari kebijakan itu ada intimidasi bagi para pekerja,”jelasnya

Kesepakatan akhirnya pihak Perusahaan akan memperbaiki dan merangkul kembali, asal notabennya serikat pekerja mandiri yang berapiliasi dengan GSBI.

Sementara Disnaker memberikan pandangan bahwa GSBI itu menurutnya baru mempunyai catatan sejak 23 September 2019 padahal, didalam GSBI itu serikat pekerja mandiri yang sebelumnya pernah diajak duduk bareng tentang pembahasan penangguhan upah.

Memang kata Asep, didalam PT Asiatek itu ada dualisme tentang serikat, ada serikat pekerja pribumi dan serikat pekerja mandiri, sedangkan serikat pekerja pribumi ini sepakat dengan adanya penangguhan upah, berbeda dengan serikat pekerja mandiri, dari perbedaan pandangan tidak ada titik temu dan akhirnya serikat pekerja mandiri berapiliasi dengan GSBI, sehingga terjadilah pertemuan ini.

“Poinnya Perusahan berniat baik dan mengakomodir tuntutan GSBI tapi, ada aturan hukumnya yang menjadi kesepakatan bersama,”Pungkasnya.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 comments

  1. It’s perfect time to make some plans for the future and it is time to be happy.
    I’ve read this post and if I could I wish to suggest you few interesting things
    or advice. Maybe you could write next articles referring to this article.
    I wish to read more things about it!

  2. Howdy would you mind letting me know which webhost you’re working with?
    I’ve loaded your blog in 3 different browsers and I must say this blog loads a lot faster then most.
    Can you suggest a good internet hosting provider at a
    honest price? Thank you, I appreciate it!

News Feed