by

Danu Hamidi : Dana Talang 11 Miliar Untuk Program MBR PDAM Akan Jadi Silpa

Karawang, Kabarsebelas.com – Program MBR di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tarum Kabupaten Karawang yang memakai dana talang sebesar 11,250 Miliar akan menjadi silva apabila tidak dipergunakan kembali.

Danu Hamidi Mantan Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Karawang mengatakan, program MBR diberikan kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah bertujuan untuk meningkatkan IPM karena parameternya peningkatan air bersih.

Program MBR itu alokasi dananya hibah dari Pemerintah Pusat sebesar 12 Miliar, karena sementara ini anggaran hibah belum turun dan program MBR sementara sudah berjalan jadi Pemerintah Daerah untuk merangsang anggaran hibah turun pakai dana perangsang terlebih dahulu sebesar Rp 750 juta. Kemudian Pemda Karawang juga memberikan dana talang untuk program MBR sebesar Rp 11,250 Miliar kepada PDAM.

“jika dana hibah MBR turun nanti, kemudian dana talang yang dari Pemda sebesar Rp 11,250 Miliar akan dikembalikan lagi ke Kas Daerah,”Ujar Danu Hamidi, Mantan Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Karawang, sekarang ia menjabat di Komisi I sebagai Wakil Ketua.

Bahkan kata Danu, jika dana talang tidak dipergunakan dan dikembalikan ke Kas Daerah uang sebesar Rp 11,250 Miliar akan menjadi silpa.

“Jika dikembalikan ke Kas Daerah akan jadi silpa,”katanya

Semetara itu kata Danu, untuk Pos anggaran dana talang itu bahkan sudah dianggarkan dari tahun sebelumnya seperti pembiayaan daerah yang 12 Miliar. Namun, ia tidak menjelaskan secara spesifik di Dinas mana dana talang tersebut pos anggarannya.

Ketika ditanya regulasi yang mengatur dana talang tersebut ia menjawab itu di Perda dan Peraturan Pemerintah. Namun, ia tidak menjelaskan Perda no berapa dan PP no berapanya.

“Kalau no Perda dan PP ya saya lupa, yang jelas itu ada aturannya,”pungkasnya.(red)

News Feed