Puluhan Truk Terpaksa Antrian di Sejumlah SPBU, Diduga Langkanya Solar

Aceh Utara, kabarsebelas.com — Puluhan truk pengangkut material dan mobil penumpang terlihat antrian panjang di sejumlah SPBU di Aceh Utara dan Aceh Timur karena diduga langkanya bahan bakar jenis solar, Rabu (9/10/2019).

“Sejak kemarin (Senin) tidak ada bahan bakar solar, kami sopir pengangkut material kesulitan mendapatkan solar. Ini sudah dua jam terbengkalai tidak bisa melanjutkan perjalanan,” kata salah satu sopir truk di SPBU Tanjong Minje, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur kepada kabarsebelas.com.

Belum diketahui persis mengapa bahan bakar solar krisis sejak sepekan terakhir di wilayah Aceh. Namun keterangan yang diperoleh wartawan media ini dari sejumlah petugas SPBU membenarkan bahan bakar solar sedang minim.

Para sopir truk dan mobil penumpang berharap kepada Pemerintah atau pihak terkait agar menyediakan stok solar yang cukup di SPBU, karena jika hal itu terus terjadi maka akan macet segala aktifitas pekerjaan.

“Kalau solar tidak ada, mau bagaimana kita hidupkan mobil untuk mencari rezeki. Kemudian yang kita sayangkan lagi, beberapa bangunan proyek Gampong terhenti karena kita tidak bisa mengangkut material yang sudah dipesan,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Ketua Lembaga Acheh Future, Razali Yusuf yang diminta keterangannya mengaku sangat perihatin dengan fenomena tersebut. Razali dalam hal ini mendesak pihak Pertamina segera mencari solusi agar tidak merugikan masyarakat gara-gara kekosongan solar.

“Saya sudah sering melihat truk ataupun mobil penumpang antrean panjang di jalan menunggu solar, bahkan sampai berjam-jam. Ini sangat kita sayangkan karena betapa banyak aktivitas macet gara-gara tidak ada solar,” ujarnya. (Zulmalik)