by

KBC : PDAM Dinilai Kongkalikong Dengan Supplier Soal Dana Talang Program MBR

Karawang, Kabarsebelas.com – Karawang Budgeting Control (KBC) nilai adanya dugaan kongkalikong antara Direksi PDAM Tirta Tarum dengan para Supplier dengan melakukan sistem dana talang yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah sebesar 11,25 Miliar untuk program MBR.

Direktur Eksekutif KBC, Endang Ayat, mengatakan, dengan dana talang Direksi PDAM dianggap melakukan hutang/ijon terhadap supplier sesuai dengan harga kesepakatan dan kemudian bisa dicairkan ketika dan hibah cair dari Pemerintah Pusat di penghujung anggaran.

Kemudian, dari proses pengadaan barang dan jasa semestinya diadakan penunjukan langsung bila dibawah Rp 200.000.000 dan LPSE bila di atasnya dalam hal ini kami tidak pernah menemukan lelang MBR, karena program MBR itu senilai 12 Miliar.

Semestinya DPRD dan Eksekutif meminta pertanggung jawaban terlebih dulu terkait dana penyertaan modal dan dana lainya ketika ingin menganggarkan atau mencairkan dana berikutnya. Sekda dalam hal ini sebagai koordinator pengelolaan keuangan daerah harus bisa lebih bertanggungjawab menimbang anggaran APBD Kabupaten Karawang sedang defisit.

“kami menduga ada konspirasi politik anggaran yang menguntungkan badan atau seseorang,”tegas Endang Ayat, Kepada Kabarsebelas.com, Jumat (11/10/2019)

Lanjutnya, seharusnya pemasangan SR MBR itu gratis. Namun, dari temua dilapangan terkait biaya pemasangan SR promo biaya pasang Rp 499.000 per samabungan dan MBR 2019 biaya pasang Rp 385.000 persambungan.

“ini menjadi masalah yang kabarnya masuk dalam ranah hukum dari indikasi temuan MBR dilapangan,”katanya

Dengan adanya program MBR pusat yang mempunyai ketentuan penyertaan modal ditahun berjalan sedangkan waktu pengerjaan MBR terbatas sampai Oktober.

“Kami kira hibah hanya dijadikan alat saja karena penyertaan modal sudah tidak ada maka di carikanlah jalan dengan dana hibah MBR dari APBD,”tukasnya

“Dari pertimbangan ini kenapa kami menolak dana hibah MBR dari APBD disamping APBD kita defisit hibah MBR rentan dijadikan obyek bancakan apalagi di tahun-tahun politik seperti,”pungkasnya.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 comments

  1. 451500 860161Thank her so significantly! This line is move before dovetail crazy, altarpiece rather act like habitual the economizing – what entrepreneur groovy night until deal with starting a trade. 26248

  2. 654098 65144Hosting a weblog composing facility (in a broad sense) requires unlimited space. So I suggest you to discover such internet hosting (internet space provider) that offer flexibility inside your internet space. 142949

News Feed