by

Natala : Pemkab Berikan Penyertaan Silpa Kepada PDAM Tirta Tarum

-Lainnya-64 views

Karawang, Kabarsebelas.com – Natala Sumeda Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Karawang menilai Pemerintah Kabupaten Karawang selalu memberikan penyertaan Silpa kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tarum.

Menurut Natala Sumeda, Pemkab Karawang jika tidak niat memberikan penyertaan modal kepada PDAM Tirta Tarum, tidak usah di berikan, jangan sampai penyertaan modal jadi penyertaan silpa.

“Kalau tidak niat ngasi, ya sudah, jangan sampai jadi penyertaan Silpa,”tegas Natala, saat dimintai keterangan oleh Kabarsebelas.com

Natala jadi bingung, penyertaan modal yang di berikan oleh Pemkab Karawang kepada PDAM selalu menjadi sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa).

“Kenapa Pemkab selalu memberikan penyertaan modal di akhir tahun, bukannya di awal tahun. Itu yang saya pertanyakan di Banggar,”jelasnya

Walaupun kata Natala, uang tersebut nantinya bisa digunakan kembali di tahun berikutnya, tapi anggaran tahun berjalan yang harus di gunakan tahun itu juga, bukannya lompat tahun.

Seperti tahun 2018 penyertaan modal kepada PDAM sebesar Rp 5 Miliar yang di berikan di akhir tahun, bahkan pada tanggal 31 Desember 2018 itu pun jam 10 malam di berikan oleh Pemkab. Bagaimana mau di gunakan kalau waktunya saja sudah tidak mungkin ini akan jadi Silpa.

Kemudian untuk program MBR yang sipatnya memberikan talangan kepada PDAM sebesar 11,25 Miliar kemudian di anggarankan di anggaran perubahan tahun 2019.

Itu pun akan jadi Silpa, karena program MBR itu hibah dari Pemerintah Pusat, karena uangnya belum cair maka di berikan dulu oleh Pemkab walaupun nanti di ganti ketika dana hibah dari Pemerintah Pusat cair.

“Otomatis uang sebesar 11 Miliar ketika tidak di pergunakan itu akan jadi Silpa nantinya,”pungkasnya.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed