by

Cegah Bencana Banjir, Warga di Pantura Subang Bersihkan Saluran Air

-Lainnya-35 views

Subang, kabarsebelas.com – Pengelolaan sampah memang masih menjadi permasalahan utama di sejumlah daerah padat penduduk. Aliran anak sungai kerap dijadikan tempat untuk membuang sampah. Untuk mengantisipasi banjir, puluhan warga Desa Ciasem Girang, Kecamatan Ciasem, Subang, Jawa barat dibantu muspika setempat, membersihkan saluran air dan anak sungai yang kondisinya saat ini dianggap kritis karena maraknya sampah dan pendangkalan, Minggu (20/10/2019).

Warga dengan penuh semangat bergotong royong mengangkat lumpur dan membersihkan sampah yang menutupi saluran air. Hal ini dilakukan karena akan memasuki musim penghujan dan mengantisipasi banjir.

Menurut Kepala Desa Ciasem Girang, Dadang Jaenudin mengatakan, Aliran anak sungai di Desa Ciasem Girang selama ini dalam kondisi pendangkalan dan marak sampah, kondisi tersebut tak lepas dari banyak warga membuang sampah ke anak sungai.

“Aksi puluhan masyarakat dari berbagai elemen ini, termasuk Muspika. Agar mengedukasi warga supaya sadar akan bahayanya membuang sampah sembarangan bagi lingkungan,“ ujar Dadang Jaenudin.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan warga sadar tidak lagi membuang sampah ke saluran anak sungai ataupun sungai, sehingga ketika musim penghujan tiba, bencana banjir yang selalu menghantui warga bisa di antisipasi.

“Upaya membersihkan sampah di aliran air di Desa Ciasem Girang ini dilakukan agar air yang mengalir nantinya lebih lancar, sehingga pada saat musim hujan, tidak akan menimbulkan banjir,” tutup Dadang Jaenudin. (Ahd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed